PELAKSANAAN LELANG MELALUI INTERNET (E-AUCTION) TERHADAP JAMINAN KREDIT MACET DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG DI KOTA PADANG

Ikhwan, Ikhsan (2017) PELAKSANAAN LELANG MELALUI INTERNET (E-AUCTION) TERHADAP JAMINAN KREDIT MACET DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover_dan_abstrak[1].pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB_I[1].pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB_IV[1].pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka[1].pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini, mekanisme perkembangan lelang terbagi menjadi dua metode yaitu lelang secara konvensional dan lelang menggunakan media internet. Perkembangan lelang melalui internet ini tidak terlepas dari banyaknya kredit bermasalah yang terjadi pada saat ini, sehingga proses lelang mengalami inovasi agar dapat menjalankan proses lelang dengan cepat. Lelang menggunakan internet diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 90/PMK.06/2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Lelang dengan Penawaran Secara Tertulis Tanpa Kehadiran Peserta Lelang Melalui Internet. Sejak tahun 2014Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang sudah menggunakan proses lelang melalui internet (e-auction). Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan diatas, dapat dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana pelaksanaan lelang eksekusi jaminan kredit di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang, apa hambatan dalam pelaksaan lelang melalui internet di kota Padang, dan Apakah efektif pelaksanaan lelang melalui internet di kota padang. Dalam penelitian penulis melakukan pendekatan empiris, penelitian bersifat deskriptif, data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Alat pengumpul data yang dipakai adalah wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang dipakai adalah analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang. Hambatan yang dihadapi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang untuk menyelenggarakan lelang melalui internet yaitukekurangan pejabat lelang yang bertanggungjawab sebagai admin dalam mengoperasikan server aplikasi lelang (e-auction). Awal munculnya aplikasi lelang melalui internet (e-auction) belum efektif karena penjual lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang belum sepenuhnya beralih menggunakan aplikasi lelang melalui internet (e-auction)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Hj. Yulia Mirwati, S.H., CN., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Jun 2017 14:45
Last Modified: 08 Jun 2017 14:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item