PROSES PENERBITAN KARYA SASTRA DAN IDEOLOGI PENERBIT KABARITA PADANG (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

Cici, Erawati (2017) PROSES PENERBITAN KARYA SASTRA DAN IDEOLOGI PENERBIT KABARITA PADANG (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

ABSTRAK Cici Erawati. 1310721022. Proses Penerbitan Karya Sastra dan Ideologi Penerbit Kabarita Padang (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, 2017. Pembimbing: 1. Dr. Syafril, M.Si. dan Pembimbing 2. Dr. Ivan Adilla, M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran penerbit terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang sastra. Penerbit adalah seseorang atau suatu pihak yang bertindak menerbitkan buku, majalah atau jurnal. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerbitan karya sastra dan apa ideologi dari Penerbit Kabarita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra, khususnya sosiologi sastra yang membahas tentang penerbitan. Untuk melihat ideologi penerbit menggunakan teori ideologi dengan konsep bahwa konsep menggabungkan pengelakan dan penolakan terhadap prinsip dan kepercayaan tertentu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunkan teknik, 1) studi dokumen, 2) observasi, dan 3) wawancara. Analisis data menghasilkan. Pertama, proses penerbitan karya sastra oleh penerbit Kabarita mencakup: (a) perolehan naskah dilakukan secara spontan dan secara pesanan, (b) penyeleksian naskah dilakukan atas rekam jejak penulis dan kualitas karya, (c) pemberian ISBN, (d) mencetak naskah dengan cara mencetak sendiri dikarena Kabarita memiliki percetakan, (e) pendistribusian dengan cara online dan langsung ke konsumen. Kedua, ideologi penerbit Kabarita adalah berorientasi pada kemajuan budaya umumnya atau sastra khususnya. Kata Kunci: Proses penerbitan karya sastra, penerbit, ideologi, sosilogi sastra, buku sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 05 Jun 2017 15:19
Last Modified: 05 Jun 2017 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25470

Actions (login required)

View Item View Item