Cici, Erawati (2017) PROSES PENERBITAN KARYA SASTRA DAN IDEOLOGI PENERBIT KABARITA PADANG (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (28kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
Abstract
ABSTRAK Cici Erawati. 1310721022. Proses Penerbitan Karya Sastra dan Ideologi Penerbit Kabarita Padang (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, 2017. Pembimbing: 1. Dr. Syafril, M.Si. dan Pembimbing 2. Dr. Ivan Adilla, M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran penerbit terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang sastra. Penerbit adalah seseorang atau suatu pihak yang bertindak menerbitkan buku, majalah atau jurnal. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerbitan karya sastra dan apa ideologi dari Penerbit Kabarita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra, khususnya sosiologi sastra yang membahas tentang penerbitan. Untuk melihat ideologi penerbit menggunakan teori ideologi dengan konsep bahwa konsep menggabungkan pengelakan dan penolakan terhadap prinsip dan kepercayaan tertentu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunkan teknik, 1) studi dokumen, 2) observasi, dan 3) wawancara. Analisis data menghasilkan. Pertama, proses penerbitan karya sastra oleh penerbit Kabarita mencakup: (a) perolehan naskah dilakukan secara spontan dan secara pesanan, (b) penyeleksian naskah dilakukan atas rekam jejak penulis dan kualitas karya, (c) pemberian ISBN, (d) mencetak naskah dengan cara mencetak sendiri dikarena Kabarita memiliki percetakan, (e) pendistribusian dengan cara online dan langsung ke konsumen. Kedua, ideologi penerbit Kabarita adalah berorientasi pada kemajuan budaya umumnya atau sastra khususnya. Kata Kunci: Proses penerbitan karya sastra, penerbit, ideologi, sosilogi sastra, buku sastra.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia |
Depositing User: | s1 sastra indonesia |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 15:19 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 15:19 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25470 |
Actions (login required)
View Item |