Arizki, Nuzulardi Fumasa (2017) Hubungan Mekanisme Koping Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Malaysia Tahap Akademik Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 7)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (392kB) | Preview |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Mahasiswa Malaysia yang melanjutkan pendidikan di Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas akan mengalami culture shock dikarenakan terjadinya perubahan pada lingkungannya secara tiba-tiba. Perubahan metode belajar dan tuntutan akademik yang tinggi pada pendidikan kedokteran membuat mahasiswa Malaysia mempunyai stres akademik yang tinggi. Culture shock dan stres akademik tinggi membutuhkan upaya adaptasi atau mekanisme koping. Mekanisme koping yang baik mempunyai peran penting terhadap peningkatan prestasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mekanisme koping dengan prestasi akademik pada mahasiswa Malaysia tahap akademik Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Januari 2017 di Padang, Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif menggunakan rancangan cross sectional. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Carver (1997) yaitu Brief Cope kuesioner. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 34 orang mahasiswa Malaysia dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil analisis statistik uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai t sebesar 0,251 dengan nilai signifikan 0,803 (nilai sig. >0,05) dan persamaan liniernya Y=a+bx+e (prestasi akademik=1,737+0,004*koping +e). Kesimpulan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara mekanisme koping dengan prestasi akademik namun tidak signifikan pada mahasiswa Malaysia tahap akademik Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kata kunci : prestasi akademik, mekanisme koping, mahasiswa Malaysia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | s1 pendidikan kedokteran |
Date Deposited: | 03 May 2017 04:40 |
Last Modified: | 03 May 2017 04:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25263 |
Actions (login required)
View Item |