Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan oleh Dokter di Puskesmas Padang Pasir pada Tahun 2017

Wafya, Melosi Ramschie (2017) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan oleh Dokter di Puskesmas Padang Pasir pada Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas merupakan ujung tombak dari pelayanan kesehatan di Indonesia. Dokter, sebagai tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien di Puskesmas dituntut untuk senantiasa meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang dilakukannya sehingga menimbulkan kepuasan pada pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan oleh dokter di Puskesmas Padang Pasir pada tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Balai Pengobatan Umum dan Balai Pengobatan Lansia Puskesmas Padang Pasir pada bulan November 2016 hingga Januari 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan dokter di Puskesmas Padang Pasir sangat memuaskan (78,225%) dimana nilai rata-rata tingkat kepuasan pasien pada tiap dimensi mutu pelayanan keperawatan sangat memuaskan, yaitu kehandalan (76,125%), daya tanggap (78,1%), jaminan (76,6%), empati (79,025%) dan bukti fisik (81,675%). Dapat disimpulkan bahwa pasien merasa sangat puas terhadap mutu pelayanan dokter di Puskesmas Padang Pasir walaupun masih ada atribut yang harus ditingkatkan mutunya berdasarkan Importance Performance Analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Husna Yetti, PhD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 03 May 2017 02:42
Last Modified: 03 May 2017 02:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25245

Actions (login required)

View Item View Item