PERBANDINGAN EFEKTIVITAS BUAH STROBERI (Fragaria x ananassa) DENGAN BUAH JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI BAHAN ALAMI PEMUTIH GIGI SECARA IN VITRO

NIA, NURHAENI (2017) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS BUAH STROBERI (Fragaria x ananassa) DENGAN BUAH JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI BAHAN ALAMI PEMUTIH GIGI SECARA IN VITRO. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I fix.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII fix.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka fix.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi nia fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS BUAH STROBERI(Fragaria x ananassa) DENGAN BUAH JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI BAHAN ALAMI PEMUTIH GIGI SECARA IN VITRO Nia Nurhaeni, Denas Symond, Bambang Ristiono ABSTRAK Latar belakang dan tujuan: Salah satu masalah estetik yang sangat mengganggu dan menjadi keluhan yaitu perubahan warna pada gigi yang dapat diatasi dengan prosedur pemutihan gigi. Penggunaan bahan pemutihan gigi dapat menimbulkan efek samping seperti gigi sensitif dan iritasi mukosa. Oleh karena itu, banyak peneliti mencari bahan alternatif yang lebih aman untuk digunakan sebagai bahan pemutih gigi diantaranya Stroberi (Fragaria x anaanasea) yang mengandung asam elegat dan asam malat serta Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) mengandung asam sitrat yang berpotensi dalam memutihkan gigi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan buah stroberi dengan buah jeruk nipis sebagai bahan alami pemutih gigi. Material dan metode: Penelitian ini merupakan eksperimen laboratorium secara in vitro yang menggunakan 30 gigi premolar atas pasca ekstraksi yang dibagi dalam 3 kelompok, yaitu kelompok perlakuan buah stroberi konsentrasi 100% (K1), kelompok perlakuan buah jeruk nipis konsentrasi 2,5% (K2) dan kelompok perlakuan carbamide peroxide 10% (K3). Pengukuran warna gigi menggunakan Shade guide VITAPAN classical sebelum dan sesudah perlakuan oleh 15 orang pengamat. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa buah stroberi konsentrasi 100% memiliki rata-rata perbedaan warna gigi yaitu 6.40, buah jeruk nipis konsentrasi 2,5 sebesar 6.20 dan carbamide peroxide 10% sebagai kelompok kontrol sebesar 3.20. Berdasarkan uji Kruskal Wallis terdapat perbedaan rata-rata nilai pengamatan warna gigi yang bermakna (p<0.05) dan dilanjutkan dengan uji beda lanjut Post Hoc Test Mann Whitney diperoleh perbedaan bermakna (p<0.05) antara kelompok perlakuan buah stroberi 100% dengan carbamide peroxide 10% dan buah jeruk nipis 2,5% dengan carbamide peroxide 10%, sedangkan antara kelompok perlakuan buah stroberi 100% dengan buah jeruk nipis 2,5% tidak terdapat perbedaan bermakna karena memiliki nilai p>0,05. Kesimpulan: Buah stroberi konsentrasi 100% lebih efektif untuk memutihkan gigi dibandingkan buah jeruk nipis konsentrasi 2,5%, namun tidak terdapat perbedaan yang bermakna dalam memutihkan gigi, sedangkan buah jeruk nipis lebih efektif dibandingkan carbamide peroxide 10%. Kata kunci: Buah stroberi, buah jeruk nipis, carbamide peroxide 10%, perbedaan warna gigi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 27 Apr 2017 06:37
Last Modified: 27 Apr 2017 06:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25095

Actions (login required)

View Item View Item