Maha, Putri Handayani AS (2017) Analisa Check-in Counter Bandar Udara Internasional Minangkabau Padang Pariaman Terhadap Tingkat Pelayanan Penumpang. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover_dan_abstrak.pdf - Published Version Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB_I.PDF - Published Version Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB AKHIR)
BAB akhir.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version Download (210kB) | Preview |
|
Text (TESIS UTUH)
THESIS_UTUH.PDF - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pergerakan penumpang dan pesawat di Bandar Udara Internasional Minangkabau setiap tahunnya mengalami peningkatan. Terjadinya peningkatan jumlah penumpang tersebut tentunya akan memberikan dampak terhadap kinerja dari pelayanan petugas di bandara. Oleh karena itu dibutuhkan suatu analisa mengenai kinerja terminal penumpang yang ada di bandar Udara Internasional Minangkabau, salah satunya pada bagian check in counter dan check-in area. Tesis ini menghitung tentang kebutuhan luas check in counter berdasarkan peraturan pada SKEP/77/VI/2005, menganalisa kinerja check-in counter berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia Nomor : SKEP/284/X/1999, menganalisa Level of Service khususnya pada daerah check-in counter berdasarkan standar IATA (International Air Transport Association) dan memprediksi tingkat pertumbuhan jumlah penumpang serta kapasitas check-in area pada Bandar Udara Internasional Minangkabau 10 tahun ke depan dan berdasarkan hasil survey lapangan yang dilakukan. Hasil analisa dari tesis ini menunjukkan bahwa kebutuhan luas check-in area masih dapat terpenuhi oleh luas eksisting check-in area yang ada. Sementara itu perolehan kinerja operasional sebesar 0,595, lebih kecil dari yang disyaratkan yaitu sebesar 0,6 atau hanya mencapai 93% dengan nilai Level of Service mencapai 0,99. Sedangkan untuk jenis kinerja pemakain counter diperoleh nilai kinerja operasional sebesar 0,936, lebih kecil dari nilai yang disyaratkan yaitu sebesar 1 , atau dengan kata lain hanya mencapai 90%. Tingkat Level of Service area Check-in Counter berdasarkan standar IATA (International Air Transport Association) termasuk dalam Kategori A ( dimana tingkat pelayanan dan kenyamanan sempurna; pergerakan atau arus leluasa ). Proyeksi untuk tahun 2025 diperoleh jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 2.416.089 penumpang dengan kebutuhan jumlah meja chek-in sebanyak 58 unit, sedangkan kebutuhan luas check-in area sebesar 478,225 m², ini berarti luas check-in area yang ada saat ini masih diatas jumlah yang dibutuhkan . Kata Kunci : Check-in Counter , Check-in Area, Level of Service, Bandar Udara Internasional Minangkabau.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | YOSSYAFRA, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 10:54 |
Last Modified: | 08 Jun 2017 10:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24697 |
Actions (login required)
View Item |