FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA SIMPANG EMPAT

RAHAYU, LESTARI REJEKI (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA SIMPANG EMPAT. Masters thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi rumah sakit adalah infeksi yang terjadi selama pasien dirawat di rumah sakit. Tindakan medis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang dimaksudkan untuk tujuan perawatan atau penyembuhan pasien, bila dilakukan tidak sesuai prosedur berpotensi untuk menularkan penyakit infeksi, baik bagi pasien (yang lain) atau bahkan petugas kesehatan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat pelaksana dalam pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Simpang Empat. Penelitian ini mengunakan metode kombinasi yaitu Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode kombinasi (Mix Methode) model urutan pembuktian (sequential explanatory). Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Simpang Empat dengan sample 41 orang responden perawat pelaksana. Hasil penelitian dengan mengunakan uji chi squre didapatkan bahwa ada hubungan antara pelatihan (p = 0,002), motivasi (p = 0,003), sikap (p= 0,002), ketersediaan sarana dan prasarana(p= 0,005), dan supervisi kepala ruangan (p= 0,000) dengan kinerja perawat pelakasana dalam pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit, dan tidak hubungan antara lingkungan kerja (p= 0,084), kesehatan dan keselamatan kerja (p= 0,317) dengan kinerja perawat pelaksana dalam pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit. Hasil penelitian kualitatif pada variabel pelatihan dan kesehatan dan keselamatan kerja menguatkan kuantitatif. Peran manajerial dalam meningkatkan kinerja perawat pelaksana dalam pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Simpang Empat belum optimal Kata kunci : Infeksi rumah sakit, kinerja , pencegahan , perawat pelaksana, peran manajerial Kepustakaan 40 ( 2007-2015 )

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr. Hafni Bachtiar, MPH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Apr 2017 02:21
Last Modified: 21 Apr 2017 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24623

Actions (login required)

View Item View Item