MODIFIKASI GATING SYSTEM TERHADAP KUALITAS PRODUK CORAN PADA INDUSTRI PENGECORAN KUNINGAN SKALA RUMAH TANGGA DI SUNGAI PUA”

AHSANUL, ZIKRI (2017) MODIFIKASI GATING SYSTEM TERHADAP KUALITAS PRODUK CORAN PADA INDUSTRI PENGECORAN KUNINGAN SKALA RUMAH TANGGA DI SUNGAI PUA”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2. bab 1.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
3. bab 5.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA okbn!.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (skripsi full test)
5.TA ZIK FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses pengecoran, gating system berperan penting terhadap produk yang dihasilkan. Pengecoran di Sungai Pua menggunakan gating system yang kurang bagus sehingga masih banyak cacat misrun pada produk. Hal ini menjadi salah satu penyebab berkurangnya jumlah produk yang dihasilkan dari proses pengecoran. Pada penelitian telah dilakukan modifikasi gating system sehingga logam cair mampu mengisi seluruh rongga cetak. Hal ini dibuktikan dengan simulasi pengecoran yang telah dilakukan. Cetakan dibuat sebanyak tiga buah dimana tiap cetakan memiliki dua belas produk. Cetakan Sungai Pua diambil sebagai pembanding sebanyak tiga buah dimana tiap cetakan memiliki dua belas produk. Hasil pengujian dari cetakan uji didapatkan persentase cacat misrun 0%, sedangkan hasil pengujian dari cetakan Sungai Pua didapatkan persentase cacat misrun sebesar 5,56%. Cetakan uji mengeluarkan biaya yang lebih murah dari cetakan Sungai Pua disebabkan cetakan uji tidak memiliki cacat sama sekali. Hasil simulasi dari cetakan uji diperoleh analisis penyebaran temperatur, lama waktu solidifikasi dan penyebaran temperatur setelah solidifikasi. Hasil simulasi dari cetakan Sungai Pua diperoleh analisis penyebaran temperatur. Sedangkan analisis lama waktu solidifikasi dan analisis penyebaran temperatur setelah solidifikasi tidak berhasil diselesaikan. Hal ini disebabkan simulasi cetakan Sungai Pua tidak mampu untuk mengisi seluruh rongga cetak sehingga proses lanjutan tidak bisa untuk dilakukan. Kata Kunci: Gating system, investment casting, simulasi dan cacat misrun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Is Prima Nanda, MT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 03 May 2017 08:52
Last Modified: 03 May 2017 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item