Pengujian Fluiditas Metode Vakum dengan Variasi Temperatur & Tekanan Menggunakan Material Master Alloy (Al 11% Si)

Dyfianda, Nugraha PratamaBoma (2017) Pengujian Fluiditas Metode Vakum dengan Variasi Temperatur & Tekanan Menggunakan Material Master Alloy (Al 11% Si). Diploma thesis, Andalas University.

[img]
Preview
Text
Cover + Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIX revisi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN FIX.pdf

Download (922kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan industri otomotif berkembang pesat dan tentunya juga mengalami persaingan yang semakin ketat. Agar tetap eksis dipasarnya maka industri otomotif harus konsisten memahami kebutuhan dan selera pasar. Salah satu cara memahami kebutuhan pasar adalah dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas baik, bahan yang digunakan dalam produksi otomotif tersebut diantaranya adalah aluminium. Produksi kendaraan ini banyak menggunakan aluminum karena memiliki sifat yang ringan dan tahan korosi. Namun saat ini produsen terkendala dalam mendapatkan material aluminium dengan kemurnian tinggi dan bebas dari pengotor yang akan merugikan paduan aluminium. Besi (Fe) adalah salah satu unsur pengotor dari paduan aluminium yang merugikan sifat castability yaitu sifat mampu alir(Fluidity). Untuk mendapatkan aluminium dengan kemurnian tinggi dan bebas dari pengotor perlu diuji tingkat fluiditasnya. Definisi dari fluiditas adalah kemampuan logam cair mengalir dalam cetakan uji sampai berhenti karena terjadi solidifikasi. Untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat fluiditas aluminium ini, perlu dilakukan pengujian. Untuk itu melalui penelitian ini akan diuji tingkat fluiditas dengan metode vakum melalui variasi temperatur dan tekanan menggunakan material master alloy(Al 11% Si). Pengujian ini dilakukan dengan tiga pengambilan sampel dengan variasi temperatur sebesar 680 oC,700 oC, dan 720 oC serta variasi tekanan sebesar -20,-25,-30 KPa.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya perbedaan tingkat fluiditas aluminium jika diuji dengan menggunakan variasi temperatur dan tekanan. Selain itu dari hasil penelitian didapat grafik baseline dari material master alloy (Al 11% Si).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 05 May 2017 04:35
Last Modified: 05 May 2017 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24525

Actions (login required)

View Item View Item