Pelaksanaan Kegiatan Hubungan Masyarakat Pada Biro Humas Kantor Gubernur Sumatera Barat

Astri, Jamal (2017) Pelaksanaan Kegiatan Hubungan Masyarakat Pada Biro Humas Kantor Gubernur Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir Penutup Kesimpulan)
BAB AKHIR PENUTUP KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Berbagai perusahaan atau instansi, baik swast a maupun negeri yang bergerak pada berbagai bidang mulai memp erhatikan arti penting peranan H umas seiring dengan perkembangan zaman saat ini. Sebagai suatu kegiatan yang akan memberikan masukan bagi pembangunan citra yang baik di dalam maupun di luar tubuh perusahaan itu sendiri. Humas yang memiliki peranan yang cukup besar dalam sebuah organisasi semakin terlihat seiring dengan era keterbukaan informasi publik saat i ni. T etapi pada saat ini peran H umas juga sangat penting dalam lembaga pemerintahan yang merupakan suatu keharusan fungsional dalam rangka tugas penyebaran informasi, kebijakan, program dan kegiatan - kegiatan lembaga pemerintahan kepada masyarakat. Sejalan den gan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingku ngan Instansi Pemerintah. Humas memiliki fungsi yang sangat penting yaitu membangun citra yang positif dari masyarakat bagi instansi tersebut. Tugas Humas Pemerintah di bagi menjadi dua macam yaitu internal dan eksternal. Hubungan internal merupakan koordinator dengan badan pemerintah yang lain sedangkan 2 hubungan eksternal yaitu berhadapan dengan masyarakat. Hum as pemerintah dikatakan sebagai mulut, mata dan telinga dari pemerintah . Humas Pemerintah memberikan informasi kepada pemerintah mengenai pendapat - pendapat umum masyarakat , dan di sisi lain Humas Pemerintah juga menerusk an informasi - informasi dari pemerintah kepada masyarakat. Humas Pemerintah mempunyai peran penting dalam membuka ruang bagi masyarakat untuk mendapatkan akses informasi terkait dengan kebijakan - kebijakan dan pelayanan - pelayanan pemerintah. P ada saat sekarang ini, masyarakat secara terbuka berani beropini terhadap kebijakan pemerintah ataupun pelayanan pemerintah yang dirasa tid ak sesuai dengan harapan mereka , baik secara langsung ataupun melalui media . Oleh karena itu, Pemerintah memerlukan Humas yang dapat menjadi jembatan yang meneruskan informasi secara cepat dan akurat, baik dari pemerintah kepada masyarakat, maupun dari masyarakat kepada pemerintah. Humas Pemerintah dituntut untuk dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat secara cepat dengan melalui media yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat luas. Apabila i nformasi yang disampaikan kepada masyarakat tidak akurat, dan tida k disebarkan secara cepat, serta sulit untuk diakses, hal ini dapat menimbulkan kesan negatif masyarakat terhadap pemerintah. Masyarakat tidak dapat mengetahui informasi - informasi terbaru terkait dengan kebijakan dan pelayanan terbaru 3 pemerintah, dan di sisi lain, pemerintah tidak dapat mengetahui tanggapan masyarakat mengenai kebijakan dan pelayanan yang diberikan. S eiring deng an berlaku n ya Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, maka diberlakukan pengelolaan kehumasan secara lebih baik dan dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat tanpa melanggar pe raturan perundang - undang yang berlaku. Tug as lain yang tidak kalah penting bagi humas adalah kegiatan media relation . Media relation adalah bagian dari public external yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan public untuk mencapai tujuan organisasi (Iriantara, 2005) . Begitu pula apa yang dijalankan oleh Humas Kanto r Gubernur Sumatera Barat. Bagian H umas Kantor Gubenur Sumatera Barat memposisikan diri sebagai gerbang informasi bagi masyarakat dan media. Menyadari pentingnya peranan humas dalam memberikan informasi dan membentuk citra pemerintah, Bagian Humas Kantor Gubernur Sumatera Barat menjalin hubungan yang baik dengan media massa. B agian humas Kantor Gubernur Sumatera Barat melakukan manajemen media sebag a i upaya untuk menjembatani antar a pemerintah dengan masyarakat . Humas pada Kantor Gubernur Sumatera Barat lebi h di fokuskan untuk membangun kepercayaan masyarakat dalam penyampaian informasi mengenai kebijakan - kebijakan pemerintah, rencana - rencana, serta hasil - 4 hasil kerja institusi lainnya secara cepa t , akurat dan aktual. Informasi - informasi tersebut disampaikan dengan menggunaka n media cetak maupun elektronik. Hal ini dilakukan dalam rangka membentuk citra pemerintah yang positif dimata masyarakat. Bagian Humas Kantor Gubernur Sumatera Barat juga mem buat sebua h forum pada website nya yang memb erikan akses dan kesempatan ke pada masyarakat untuk menyampai kan pendapat, masukan dan kritikan mengenai kebijakan - kebijakan baru yang akan diterapkan oleh pemerintah. A spirasi masyarakat yang berhasil dikumpulkan akan men jadi masukan bagi pemerintah untuk menyusun kebijakan - kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Rani Yolanda, SE., M.Bus
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 20 Apr 2017 09:14
Last Modified: 20 Apr 2017 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24386

Actions (login required)

View Item View Item