Identifikasi Jaringan Komunikasi Informal Karyawan Bank Nagari Tentang Calon Jajaran Direksi Bank Nagari (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Bank Nagari Cabang Muaro Labuh Sumatera Barat)

Fauzya, Zavira (2017) Identifikasi Jaringan Komunikasi Informal Karyawan Bank Nagari Tentang Calon Jajaran Direksi Bank Nagari (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Bank Nagari Cabang Muaro Labuh Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi (FIX).pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
Bab V (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jaringan komunikasi informal adalah jaringan yang secara pribadi digunakan oleh anggota suatu organisasi. Jaringan komunikasi informal tidak dibentuk berdasarkan struktur formal yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk jaringan komunikasi informal karyawan Bank Nagari cabang Muaro Labuh, model apa saja yang terbentuk, peran apa saja yang dimiliki oleh karyawan dalam jaringan komunikasi informal, dan klik-klik yang terbentuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner. Objek penelitian adalah 25 responden yang merupakan karyawan Bank Nagari cabang Muaro Labuh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu mengambil semua populasi sebagai objek penelitian. Metode yang digunakan adalah metode Analisis Jaringan Komunikasi, untuk melihat bagaimana bentuk jaringan komunikasi informal karyawan Bank Nagari cabang MuaroLabuh, digunakan bantuan UCINET VI. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa jaringan komunikasi informal adalah metode komunikasi yang paling baik diterapkan di kantor cabang Bank Nagari Selain itu, ditemukan peran-peran individu dalam jaringan komunikasi informal yaitu Opinion Leader, Gate Keeper, Bridge, Kosmopolite, Liaison, dan Isolate. Dalam jaringan ini terdapat tiga klik yang terbentuk. Dimana masing-masing membentuk model All Channel, model huruf “Y”, dan model Roda. Dengan penelitian ini peneliti mengharapkan agar lebih mempererat jaringan komunikasi informal, agar kegiatan operasional yang dilakukan di cabang berlangsung dengan baik. Kata Kunci :Jaringan Komunikasi Informal, Karyawan Bank Nagari

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 Apr 2017 07:03
Last Modified: 20 Apr 2017 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

View Item View Item