PROFIL PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI INSTALASI RAWAT INAP ANAK RSUP DR. M.DJAMIL PADANG PERIODE JANUARI 2013 – DESEMBER 2015

Budi, Junio Hermawan (2017) PROFIL PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI INSTALASI RAWAT INAP ANAK RSUP DR. M.DJAMIL PADANG PERIODE JANUARI 2013 – DESEMBER 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 (Penutup).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini angka kejadian beberapa penyakit non infeksi seperti penyakit jantung bawaan semakin meningkat, baik di negara maju maupun di negara berkembang. Penyakit jantung bawaan menempati peringkat pertama diantara penyakit-penyakit lain yang menyerang bayi. Dalam The 2nd Internasional Pediatric Cardiology Meeting di Cairo,Egypt, 2008 dr.Sukman Tulus Putra mengungkapkan bahwa 45.000 bayi di Indonesia terlahir dengan PJB tiap tahun. Berdasarkan survei data awal di RSUP M.Djamil Padang pada 3 tahun terakhir memperlihatkan angka kejadian PJB dari tahun ke tahun relatif tetap dan cendrung meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penyakit jantung bawaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain potong lintang yang dilakukan di instalasi rawat inap IKA RSUP Dr. M.Djamil Padang dari Juli 2016 - Desember 2016. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat inap penyakit jantung bawaan di IKA RSUP Dr.M.Djamil Padang dari tanggal Januari 2013sampai dengan Desember 2015 dengan jumlah 85 pasien. Data–data pasien didapat dari rekam medik dan kemudian diolah untuk mengetahui distribusi frekuensi profil yang diteliti. Jenis penyakit jantung bawaan terbanyak yaitu VSD sebanyak 40,00%. Sebaran usia terbanyak pada kelompok >1 tahun (50,59%). Pasien terbanyak dengan jenis kelamin laki-laki (54,12%). Status gizi pasien PJB didominasi oleh gizi kurang (75,30%). Kelainan yang menyertai pasien terbanyak yaitu kelainan paru (40,00%), dengan penyakit terbanyak yaitu bronkopneumonia (21,18%). Pasien yang memiliki riwayat keluarga hanya 2,35%. Dari keseluruhan pasien didapat rata-rata hemoglobin dan hematokrit pasien PJB sianotik lebih tinggi daripada PJB asianotik. Penyakit jantung bawaan banyak terjadi dengan jenis VSD, usia > 1 tahun, jenis kelamin laki-laki, gizi kurang, disertai kelainan paru (bronkopneumonia), jarang yang memiliki riwayat keluarga, dengan rata-rata Hb dan Ht lebih tinggi pada PJB sianotik. Kata Kunci : Penyakit jantung bawaan, profil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Didik Hariyanto, Sp.A(K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:45
Last Modified: 19 Apr 2017 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24156

Actions (login required)

View Item View Item