FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT ROPANASURI TAHUN 2017

Harina, Siska (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT ROPANASURI TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak dan cover)
cover.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (datar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI TERBARU UPLOUD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia, prevalensi kanker adalah sebesar 1,4 per 1.000 penduduk, serta merupakan penyebab kematian nomor 7 (5,7%) dari seluruh penyebab kematian. Pelaksanaan kemoterapi membutuhkan kepatuhan dari pasien, kepatuhan pasien dalam melaksanakan pengobatan sangat menentukan berhasil tidaknya suatu terapi pengobatan terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pasien kanker payudara dalam menjalani kemoterapi di RSKB Ropanasuri Padang Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 pasien. Analisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan 82,5% pasien patuh dalam menjalani kemoterapi, 56,1% pemahaman tentang instruksi pasien tinggi dalam menajalani kemoterapi, 52,6% keluarga memberikan dukungan yang baik kepada pasien, dan 71,9% efek samping pengobatan yang dialami tidak mengganggu pasien dalam menjalani kemoterapi. Hasil analisis didapatkan adanya hubungan yang signifikan anatara faktor yang berhubungan dengan keapatuhan pasien dalam mejalani kemoterapi adalah pemahaman tentang instruksi (0,032), dukungan keluarga (0,026), dan efek samping (0,000). Hasil penelitian ini diharapkan dalam meningkatkan kepatuhan menjalani kemoterapi, pihak rumah sakit dapat memberikan informasi berupa penyuluhan yang dilakukan lebih dari satu kali sehingga pasien lebih termotivasi untuk mengikuti kemoterapi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kata Kunci : Kepatuhan, Kanker, Kemoterapi Daftar Pustaka : 40 (2002 – 2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona,M.Kep, Sp. KMB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 19 Apr 2017 08:44
Last Modified: 19 Apr 2017 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24046

Actions (login required)

View Item View Item