FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI KELURAHAN LUBUK BUAYA WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2017

Yesa, Rahmadani (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI KELURAHAN LUBUK BUAYA WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
bagiann 1.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I watermark.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VII)
BAB akhir watermark.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)

Abstract

Penyakit diare masih menjadi masalah global dengan derajat kesakitan dan kematian yang tinggi di berbagai negara terutama di negara berkembang. Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2010, Diare merupakan penyebab kematian pertama pada bayi (31,4%) dan pada balita (25,2%). Berdasarkan karakteristik penduduk, kelompok umur balita adalah kelompok umur yang paling tinggi menderita diare di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Lubuk Buaya Wilayah Kerja Puskemas Lubuk Buaya Padan tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu balita yang mempunyai balita umur 12-59 bulan dengan jumlah sampel 166 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan kuisioner. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menggunakan chi-square. Hasil penelitian diperoleh bahwa balita yang mengalami diare adalah sebesar 52,4%. Hasil analisis data diperoleh faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita adalah pengetahuan (p=0,000), Riwayat ASI ekslusif (p=0,000), perilaku cuci tangan (p=0,000), sarana air bersih (p=0,000), dan jamban (p=0,000). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada puskesmas untuk dapat menyusun program promosi kesehatan khususnya tentang ASI Ekslusif dan Perilaku Cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar untuk memutus rantai penyebaran kuman diare. Kata Kunci : Faktor-faktor, kejadian diare Daftar Pustaka : 43 (2007-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: NS Deswita M.Kep, SP.KepAn
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 18 Apr 2017 04:22
Last Modified: 18 Apr 2017 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24044

Actions (login required)

View Item View Item