PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PERAWATAN METODE KANGURU DENGAN TERAPI MUSIK KLASIK MOZART TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSUD DR. RASIDIN PADANG DAN RSI IBNU SINA PADANG TAHUN 2017

Mailany, Ratria Ningrum (2017) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PERAWATAN METODE KANGURU DENGAN TERAPI MUSIK KLASIK MOZART TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSUD DR. RASIDIN PADANG DAN RSI IBNU SINA PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
1.COVER TUGAS AKHIR 12.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Kesimpulan Dan Saran)
3. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berat badan lahir rendah (BBLR) merupakan salah satu faktor utama peningkatan mortalitas dan morbiditas bayi khususnya pada masa perinatal. Perawatan BBLR memerlukan biaya yang tinggi hal ini terjadi dikarenakan perawatan BBLR memerlukan waktu perawatan yang panjang. Perawatan metode kanguru dan terapi musik klasik Mozart merupakan metode yang dapat membantu meningkatkan berat badan BBLR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perawatan metode kanguru terhadap peningkatan berat badan pada BBLR dibandingkan dengan terapi musik klasik Mozart. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain quasi-eksperimen dengan rancangan non-equivalen comparison group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. Rasidin Padang dan RSi Ibnu Sina Padang dari bulan Januari-Maret 2017. Sampel berjumlah 10 responden untuk masing-masing kelompok menggunakan consecutive sampling. Hasil penelitian ada perbedaan berat badan sesudah pada kelompok perawatan metode kanguru dibandingkan kelompok terapi musik klasik Mozart dengan nilai p value 0,000. Peningkatan berat badan setelah dilakukan PMK adalah 50,4 gr/hari, setelah diberikan terapi musik klasik Mozart 28,3 gr/hari. Diharapkan pihak rumah sakit membuat kebijakan terkait pelaksanaan perawan metode kanguru di Rumah Sakit agar dapat terus menjalankan kegiatan perawatan metode kanguru oleh ibu pada bayinya, mengajarkan kepada ibu sebelum pulang ke rumah, sehingga ibu dapat melakukan perawatan metode kanguru dengan benar selama di rumah. Kata kunci : BBLR, Perawatan Metode Kanguru, Terapi Musik Klasik Mozart Daftar pustaka : 71 (2000-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.KEp, M.Kep
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:00
Last Modified: 19 Apr 2017 02:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24020

Actions (login required)

View Item View Item