ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SIJUNJUNG

Fani, Yally Yolanda (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full text)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, berbagai upaya peningkatan mutu atau kualitas pendidikan perlu terus dilakukan agar kualitas SDM benar-benar terwujud sebagaimana diharapkan. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan, antara lain; rasio guru-murid, pengalaman mengajar guru, guru bersertifikasi, dan sarana prasarana. Untuk mengetahui secara persis besarnya pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap mutu pendidikan, penelitian ini mengkaji pada jenjang pendidikan tingkat menengah khususnya pendidikan kejuruan. Sebagaimana dikemukakan oleh SUSENAS (2001) bahwasanya tingkat pengembalian investasi individu dari pendidikan kejuruan (SMK) lebih besar daripada pendidikan umum (SMU). Penelitian ini dilakukuan di 8 SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Sijunjung. Variabel penelitian terdiri atas rasio guru-murid, pengalaman mengajar guru, guru bersertifikasi dan sarana prasarana sebagai variabel bebas dan nilai rata-rata Ujian Nasional sebagai variabel terikat. Nilai rata-rata Ujian Nasional disini merupakan salah satu indikator yang digunakan dalam mengukur mutu pendidikan. Data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk data panel. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pengalaman mengajar guru dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan SMK di Kabupaten Sijunjung. Sedangkan rasio guru-murid dan guru bersertifikasi belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap mutu pendidikan SMK di Kabupaten Sijunjung. Disarankan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung untuk lebih memprioritaskan penyediaan dan kelengkapan sarana prasarana baik secara kuantitas maupun kualitas dan diharapkan pada Pemerintah pusat agar melakukaan evaluasi dan perbaikan program sertifikasi guru sehingga lebih memberikan kontribusi pada peningkatan mutu pendidikan. Kata kunci: sumber daya manusia, mutu pendidikan, pendidikan kejuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Adrimas, SE. MS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 12 Apr 2017 04:45
Last Modified: 12 Apr 2017 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23556

Actions (login required)

View Item View Item