PERILAKU KOMUNIKASI SEKSI KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Deskriptif pada Kelompok Seksi Kebersihan dan Lingkungan Hidup)

Kurniadi, Ilham (2016) PERILAKU KOMUNIKASI SEKSI KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Deskriptif pada Kelompok Seksi Kebersihan dan Lingkungan Hidup). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seksi kebersihan dan lingkungan hidup Korong Kuliek merupakan unsur pelaksana tugas tertentu di bidang lingkungan hidup, pengelolaan kebersihan, yang dipimpin oleh seorang Ketua yang bertanggung jawab kepada Wali Korong. Seksi kebersihan dan lingkungan hidup Korong Kuliek terbentuk karena kesadaran pemuda dan masyarakat setempat. Seksi kebersihan dan lingkungan hidup merupakan kelompok yang jumlah anggotanya tidak terlalu banyak. Dengan sistim kekeluargaan, sehingga antar sesama seksi terdapat kedekatan dan di dalam kelompok terdapat rutinitas dan kebiasaan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku komunikasi seksi kebersihan dan lingkungan hidup Korong Kuliek, baik perilaku komunikasi di dalam maupun di luar kelompok dalam bentuk verbal dan nonverbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Interaksi simbolik untuk menganalisa permasalahan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi dan sumber. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa perilaku komunikasi seksi kebersihan dan lingkungan hidup berbeda-beda. Perbedaan perilaku komunikasi ini dipengaruhi oleh perbedaan kemampuan seksi kebersihan dalam mengelola proses komunikasi yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam berkomunikasi. Perilaku komunikasi verbal seksi kebersihan dan lingkungan hidup dilihat dari bahasa,dan komunikasi yang baik sedangkan perilaku nonverbal terlihat dari bahasa tubuh, penampilan fisik, dan intonasi suara. Kata Kunci : Perilaku Komunikasi, Interaksi simbolik, Seksi Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, MS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Apr 2017 08:30
Last Modified: 18 Apr 2017 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23446

Actions (login required)

View Item View Item