Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Layanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Kota Padang

Azri, Darma (2017) Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Layanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I ( Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII ( AKHIR))
BAB VII ( Akhir).pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full teks)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG Skripsi, Januari 2017 AZRI DARMA, 1210342005 HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN PENGGUNAAN LAYANAN KEHATAN GIGI DI PUSKESMAS KOTA PADANG ix + 59 Halaman + 6 Tabel + 5 Gambar + 11 Lampiran ABSTRAK Latar Belakang: Tingginya penyakit gigi dan mulut belum diimbangi dengan pemanfaatan unit pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang tersedia terutama di tingkat pelayanan dasar seperti puskesmas. Rendahnya pemanfaatan pelayanan kesehatan disebabkan oleh mutu pelayanan yang kurang seperti jumlah dan jenis sarana dan prasarana yang tersedia, keterbatasan tenaga, ketersediaan pelayanan dan manajemen puskesmas yang belum baik. Tujuan penelititan ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan penggunaan layanan kesehatan gigi di Puskesmas Kota Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan rancangan penelitian cross sectional, yang mempelajari hubungan mutu pelayanan dengan penggunaan layanan kesehatan gigi di Puskesmas Kota Padang. Variabel bebas merupakan mutu pelayanan dari dimensi kepuasan pasien , sedangkan variabel terikat yaitu pengunaan pelayanan kesehatan gigi dengan kategori puskemas kunjungan rata-rata <9 per hari dan kunjungan rata-rata ≥ 9 per hari. Pengambilan sampel secara random sampling dengan total jumlah sampel 131 responden. Alat ukur dalam penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri diri dari 28 pertanyaan tentang kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi di puskesmas. Hasil : Hasil uji chi-square didapatkan nilai p>0,05 terhadap beberapa variabel dimensi kepuasan. Terdapat hubungan yang signifikan antara beberapa variabel mutu pelayanan (tempat parkir yang luas; tempat parkir yang bersih; pemeriksaan gigi selalu dilakukan oleh dokter; petugas loket memberi pelayanan yang ramah; dan dokter mau mendengarkan keluhan pasien) dengan penggunaan layanan kesehatan gigi di Puskesmas Kota Padang. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara beberapa variabel dimensi kepuasan (tempat parkir yang luas; tempat parkir yang bersih; pemerikasaan gigi selalu dilakukan oleh dokter; petugas loket memberi pelayanan yang ramah; dan dokter mau mendengarkan keluhan pasien) dengan penggunaan layanan kesehatan gigi di Puskesmas Kota Padang. Kata Kunci: Mutu pelayanan, Dimensi kepuasan, Penggunaan layanan kesehatan gigi, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 06 Feb 2017 07:10
Last Modified: 06 Feb 2017 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23103

Actions (login required)

View Item View Item