PENGARUH BERMAIN VIDEO GAME SUBWAY SURFERS SUBTIPE ENDLESS RUNNER TERHADAP ATENSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Attahiyyata, Yusuf (2017) PENGARUH BERMAIN VIDEO GAME SUBWAY SURFERS SUBTIPE ENDLESS RUNNER TERHADAP ATENSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. Penutup.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
5. Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bermain video game merupakan salah satu wujud nyata dari kegiatan rekreasi yang banyak diminati masyarakat. Saat bermain video game, khususnya subway surfers yang bersubtipe endless runner game, dibutuhkan atensi yang tinggi dari pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atensi mahasiswa sebelum dan sesudah bermain video game subway surfers. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian true experimental comparison group pre-test and post-test design yang menggunakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Program Studi Profesi Dokter angkatan 2015 (n=36) sebagai sampel penelitian yang atensinya diukur sebelum dan sesudah bermain video game subway surfers (kelompok perlakuan) dan tidak bermain video game (kelompok kontrol) selama satu jam dengan menggunakan software Attention Network Test. Atensi antara sebelum dan sesudah bermain video game dianalisis menggunakan uji T berpasangan, sedangkan perubahan atensi antar kelompok dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya penurunan atensi yang tidak bermakna pada ketiga komponen atensi yakni fungsi alerting, orienting dan conflict pada kelompok perlakuan dan pada kelompok kontrol. Selain itu juga ditemukan perbedaan perubahan ketiga komponen atensi yang tidak bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh bermain video game subway surfers maupun tidak bermain video game terhadap ketiga komponen atensi yakni fungsi alerting, orienting dan conflict. Kata kunci : Video Game, Subway Surfers, Atensi, Attention Network Test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 06 Feb 2017 01:46
Last Modified: 06 Feb 2017 01:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23088

Actions (login required)

View Item View Item