ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN PERILAKU CARING PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YARSI BUKITTINGGI

Sri, Hayulita (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN PERILAKU CARING PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YARSI BUKITTINGGI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Kesimpulan dan Saran)
BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS SRI HAYULITA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Caring adalah esensi dari keperawatan yang berlandaskan perhatian, kasih terhadap diri sendiri dan orang lain serta menghormati keyakinan spiritual klien. Namun sangat disayangkan masih banyak perawat memusatkan diri pada fenomena medik sehingga tidak ada waktu mendengarkan klien, memberi dukungan dan kenyamanan. Permasalahan ini juga ditemukan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi, dimana masih terdapat keluhan klien dan keluarganya terhadap pelayanan perawat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan penerapan perilaku caring perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi, dengan jenis penelitian mixed method. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara tidak terstruktur.Jumlah responden adalah 71 perawat dengan tehnik purposive sampling dan responden wawancara dengan 8 perawat.Analisis data dengan univariat sampai multivariat, dan analisis data kualitatif dengan tehnik tematik.Hasil penelitian menunjukkan faktor yang dominan berhubungan dengan perilaku caring perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi adalah faktor struktur organisasi (nilai OR 21,102).Pengalaman caring perawat selama masa pendidikan adalah pembelajaran khusus caring tidak optimal dan praktek caring di rumah sakit kurang mendapat pengarahan. Selama bekerja di rumah sakit pengalaman caring perawat meliputi pelayanan caring tidak bisa optimal, terbatasnya pengetahuan tentang caring dan dukungan rumah sakit terhadap caring belum optimal. Diharapkan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi dapat mempertahankan dan meningkatkan perilaku caring perawat dengan mengadakan pelatihan caring, memberi reward terhadap perawat yang berperilaku caring, pihak manajemen meningkatkan supervisi terhadap caring, merotasi perawat secara rutin dan mengenalkan caring saat orientasi perawat baru. Bagi institusi pendidikan keperawatan diharapkan melaksanakan strategi pembelajaran yang efektif menumbuhkan perilaku caring sejak awal masa pendidikan. Kata kunci: Faktor-faktor, perilaku caring, perawat pelaksana Daftar pustaka: 80 (2000 – 2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:56
Last Modified: 02 Feb 2017 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22902

Actions (login required)

View Item View Item