Penerapan Lean Service pada Proses Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang)

Muhammad, Arif Ikhsan (2017) Penerapan Lean Service pada Proses Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
001 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
09 BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
15 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
005 Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
14 BAB VI.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik di Kota Padang yang bertugas untuk mencatat serta menerbitkan akta kelahiran, akta perkawinan, akta perceraian, akta kematian, akta pengakuan anak, kartu keluarga, dan surat pindah. Pelayanan penerbitan akta kelahiran merupakan salah satu bentuk dari pelayanan publik yang sering mengalami permasalahan. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap proses penerbitan akta kelahiran, ditemukan beberapa permasalahan seperti prosedur pelayanan, yang melibatkan waktu tunggu warga untuk meng-entry data dan waktu tunggu berkas untuk diproses. Waktu tunggu tersebut merupakan salah satu waste yang mengakibatkan proses pelayanan menjadi tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelayanan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dan memberikan usulan perbaikan kinerja terhadap pelayanan publik yang diberikan dengan menerapkan konsep lean service. Metode Value Stream Mapping (VSM) digunakan untuk memetakan aktivitas-aktivitas pada proses pelayanan yang bersifat Value Added (VA), Non Value Added (NVA), dan Necessary but Non Value Added (NNVA). Selanjutnya dilakukan pemetaan secara detail proses pelayanan serta mengurangi yang terjadi pada proses pelayanan dengan metode Value Stream Mapping Tools (VALSAT). Tahap berikutnya menganalisis risiko kritis yang mengakibatkan waste terjadi pada proses pelayanan dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Faktor-faktor terjadinya waste dan risiko kritis selanjutnya dianalisis dengan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk memperoleh basic event sehingga diperoleh usulan rekomendasi perbaikan. Setelah itu akan dilakukan analisis hasil penerapan lean service terhadap perbaikan kinerja pelayanan publik. Indikator-indikator dalam menganalisis hasil penerapan lean service ini diambil dari indikator penilaian kinerja unit pelayanan publik berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik Nomor 38 Tahun 2012. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, proses pelayanan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang berkurang sebesar 77%, yang awalnya 5,0550 hari menjadi 1,1829 hari secara rata-rata. Selain itu aktivitas pada proses pelayanan penerbitan akta kelahiran juga berkurang sebesar 34%, yang awalnya terdiri dari 41 aktivitas menjadi 27 aktivitas. Hal tersebut dilakukan dengan cara meminimalisir proses yang bersifat NVA. Penerapan lean service dapat membantu mereduksi waktu proses pelayanan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dengan cara mengeliminasi waste yang terdapat pada proses pelayanan. Kata Kunci: akta kelahiran, lean service, pelayanan publik, dan waste

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:26
Last Modified: 03 Feb 2017 02:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22859

Actions (login required)

View Item View Item