Pengaruh Lama dan Suhu Penyimpanan ASI terhadap total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL), total koloni bakteri aerob dan keasaman dalam ASI

Siska, Indrayani (2016) Pengaruh Lama dan Suhu Penyimpanan ASI terhadap total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL), total koloni bakteri aerob dan keasaman dalam ASI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
tugas akhir ilmiah utuh NEW.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemberian ASI mempunyai peranan penting untuk pertumbuhan, kesehatan dan kelangsungan hidup bayi. Namun pada saat ini, banyak ibu berhenti menyusui bayinya dengan alasan bekerja. Sebenarnya, ibu bekerja dapat menyusui bayi mereka secara tidak langsung karena ASI dapat disimpan dan memberikan kepada bayinya saat ibu sedang bekerja. Kualitas ASI yang disimpan tergantung pada lama dan suhu penyimpanan ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama dan suhu penyimpanan ASI terhadap total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL), total koloni bakteri aerob dan keasaman dalam ASI. Desain penelitian adalah pretest-postest Control Group Design dengan jenis penelitian True Experiment. Populasi pada penelitian ini adalah ASI yang didapatkan dari ibu-ibu yang menitipkan bayinya di TPA. ASI yang memenuhi kriteria sampel lalu diperah oleh ibu menyusui sebanyak 35 ml. Selanjutnya dilakukan penyimpanan dan pemeriksaan ASI di Laboratorium THT Faterna UNAND. Analisa data menggunakan uji Kruskal-Wallis Test untuk mengetahui faktor lama penyimpanan ASI dan dilanjutkan poshoct Mann-Whitney, sedangkan untuk mengetahui faktor suhu penyimpanan ASI menggunakan Uji Mann-Whitney. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL), total koloni bakteri aerob dan keasaman di dalam ASI selama 1 hari, 5 hari dan 14 hari (p<0,05). Terdapat perbedaan total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL) pada suhu -15°C dan 4°C (p < 0,05) dan tidak terdapat perbedaan total koloni bakteri aerob dan keasaman pada suhu -15°C dan 4°C (p > 0,05) Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lama penyimpanan ASI terhadap total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL), total koloni bakteri aerob dan keasaman di dalam ASI, sedangkan suhu dari penyimpanan ASI mempengaruhi total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL) tetapi tidak ada pengaruh suhu terahadap total koloni bakteri aerob dan keasaman di dalam ASI. Kata kunci : Lama penyimpanan, Suhu penyimpanan, BAL, Bakteri Aerob, Keasaman, ASI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 01 Feb 2017 08:21
Last Modified: 01 Feb 2017 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22607

Actions (login required)

View Item View Item