HUBUNGAN PENATALAKSANAAN PENGENDALIAN DIABETES MELITUS DENGAN KADAR GULA DARAH PUASA PASIEN DM TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2016

Debora, Gontiana Marpaung (2017) HUBUNGAN PENATALAKSANAAN PENGENDALIAN DIABETES MELITUS DENGAN KADAR GULA DARAH PUASA PASIEN DM TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB 1 .pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
3. BAB VII.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Prevalensi DM di dunia dan Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Pelaksanaan pengendalian DM melalui 4 pilar pengendalian : edukasi, perencanaan diet, aktifitas fisik dan pengobatan belum sepenuhnya terlaksana dengan baik untuk mencegah komplikasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penatalaksanaan pengendalian DM dengan kadar gula darah puasa pasien DM Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang yang dilakukan pada bulan April 2016 sampai Januari 2017.Penelitian ini adalah penelitian deskriptik analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik pengambilan sampel yaituconsecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden.Teknik analisa data menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan edukasi, pengaturan diet, aktifitas fisik, dan pengobatan dengan kadar gula darah puasa p (0,000). Diharapkan pada semua pihak untuk mengoptimalkan penatalaksanaan 4 pilar pengendalian DM pada penyandang diabetes untuk mencegah komplikasi. Kata Kunci: DM Tipe 2, , Kadar Gula Darah Puasa, Pelaksanaan Pengendalian DM Daftar Pustaka : 46 (1997-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:24
Last Modified: 01 Feb 2017 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item