FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN SEKUNDER PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD Dr.ADNAND WD PAYAKUMBUH TAHUN 2016

Widiyawati, Widiyawati (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN SEKUNDER PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD Dr.ADNAND WD PAYAKUMBUH TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
CAVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan pembunuh nomor satu di dunia dan kejadiannya semakin meningkat tiap tahunnya. PJK dapat diatasi dengan upaya preventif atau pencegahan baik primer maupun sekunder. Pencegahan sekunder ditujukan keapada pasien yang sudah menderita PJK sebelumnya, supaya terhindar dari serangan ulangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tindakan pencegahan sekunder pasien PJK dan faktor – faktor yang berhubungan dengan tindakan pencegahan PJK meliputi pengetahuan, sikap, persepsi, dan dukungan keluarga di poliklinik jantung RSUD Dr. Adnand WD Payakumbuh. Penelitian dilakukan melalui pendekatan cross sectional. Tekhnik pengambilan sampel purposive sample dengan kriteria inklusi dan ekslusi, jumlah sampel 104 pasien yang datang kontrol berulang ke poliklinik jantung dengan PJK. Waktu penelitian dimulai dari bulan Agustus 2016 sampai dengan Januari 2017. Analisa bivariat menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh responden (86,5%) memiliki tindakan pencegahan yang kurang baik, dan faktor yang berhubungan dengan tindakan pencegahan PJK adalah sikap dengan p value < 0,005. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi perawat di poliklinik jantung menyediakan layanan kesehatan program khusus rehabilitasi jantung, penyusunan program latihan, edukasi dan konseling disertai intervensi terhadap pola hidup yang tidak sehat selama ini. Kata kunci : PJK, pencegahan sekunder, tindakan Daftar pustaka : 59 (2000 – 2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 01 Feb 2017 06:43
Last Modified: 01 Feb 2017 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22299

Actions (login required)

View Item View Item