HUBUNGAN PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD DR. ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2016

Silvia, Anindita (2017) HUBUNGAN PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD DR. ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII (Penutup Kesimpulan))
BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien erat kaitannya dengan sikap dan perilaku petugas rumah sakit dan komunikasi menjadi kunci kepuasan pasien. Kenyataan di pelayanan kesehatan khususnya ditempat penelitian masih ada pasien tidak puas terhadap pelayanan perawat dan komunikasi efektif perawat yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan komunikasi efektif perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2016. Jenis penelitian kuantitatif dengan design analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional study. Sampel diambil sebanyak 212 responden dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa lebih dari separuh responden (54,7%) mempersepsikan komunikasi efektif perawat baik, lebih dari separuh responden (52,4%) mempersepsikan puas dengan pelayanan perawat. Hasil statistik antara hubungan penerapan komunikasi efektif perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2016 didapatkan p value = 0,00 yang artinya terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi efektif perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh. Kepada perawat di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh agar dapat memberikan informasi dengan rinci tentang kondisi pasien dan tindakan yang dilakukan serta lebih memperhatikan kerapian dan penampilan. Kata kunci : Kepuasan pasien, komunikasi efektif, perawat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:15
Last Modified: 30 Jan 2017 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22027

Actions (login required)

View Item View Item