Silvia, Anindita (2017) HUBUNGAN PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD DR. ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VII (Penutup Kesimpulan))
BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kepuasan pasien erat kaitannya dengan sikap dan perilaku petugas rumah sakit dan komunikasi menjadi kunci kepuasan pasien. Kenyataan di pelayanan kesehatan khususnya ditempat penelitian masih ada pasien tidak puas terhadap pelayanan perawat dan komunikasi efektif perawat yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan komunikasi efektif perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2016. Jenis penelitian kuantitatif dengan design analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional study. Sampel diambil sebanyak 212 responden dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa lebih dari separuh responden (54,7%) mempersepsikan komunikasi efektif perawat baik, lebih dari separuh responden (52,4%) mempersepsikan puas dengan pelayanan perawat. Hasil statistik antara hubungan penerapan komunikasi efektif perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2016 didapatkan p value = 0,00 yang artinya terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi efektif perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh. Kepada perawat di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh agar dapat memberikan informasi dengan rinci tentang kondisi pasien dan tindakan yang dilakukan serta lebih memperhatikan kerapian dan penampilan. Kata kunci : Kepuasan pasien, komunikasi efektif, perawat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program Profesi Ners |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 07:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 07:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22027 |
Actions (login required)
View Item |