HUBUNGAN KECEMASAN TENTANG PROSES PENYAKIT DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK)DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT KHUSUS PARU SUMATERA BARAT TAHUN 2016

FITRIA, ANANDA PUTRI (2017) HUBUNGAN KECEMASAN TENTANG PROSES PENYAKIT DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK)DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT KHUSUS PARU SUMATERA BARAT TAHUN 2016. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL + LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas hidup pada pasien PPOK akan terganggu dan jauh lebih memburuk seiring dengan meningkatnya keparahan penyakit. Kecemasan merupakan salah satu faktor yang dapat mengganggu kualitas hidup pasien PPOK. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kecemasan tentang proses penyakit dengan kualitas hidup pasien Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) di Poliklinik Rumah Sakit Khusus Paru Sumatera Barat tahun 2016. Jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan dengan cara wawancara terpimpin, instrumen penelitian terdiri dari kuesioner BAI (Beck Anxiety Inventory) untuk mengukur kecemasan dan kuesioner SGRQ-C (St. George’s Respiratory Questionnaire for COPD Patients)untuk mengukur kualitas hidup. Populasi 148 orang, sampel 43 orang, diambil dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian ditemukan lebih dari separuh pasien (71,1%) memiliki kecemasan rendah, dan lebih dari separuh pasien (51,2%) memiliki kualitas hidup baik. Teknik analisa menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Kesimpulan, ada hubungan bermakna antara kecemasan dengan kualitas hidup (p=0,000). Disarankan kepada pihak Rumah Sakit untuk memberikan konseling tentang manajemen PPOK kepada pasien PPOK dan keluarganya, terutama pasien lansia untuk mengurangi dampaknya terhadap penurunan kualitas hidup. Kata Kunci : kecemasan, kualitas hidup, penyakit paru obstruktif kronik Daftar Pustaka : 54 (2003 - 2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:10
Last Modified: 30 Jan 2017 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21879

Actions (login required)

View Item View Item