HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN PERILAKU MEROKOK DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2012 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS

NOVIYENI, NOVIYENI (2017) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN PERILAKU MEROKOK DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2012 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Abstrak Noviyeni wtmrk.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Noviyeni wtmrk.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII Noviyeni wtmrk.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Noviyeni wtmrk.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full Noviyeni wtmrk.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)

Abstract

Insomnia merupakan gangguan tidur yang seringkali ditemukan pada masyarakat baik kelompok remaja, dewasa, maupun usia lanjut. Menurut National Sleep Foundation di Amerika Serikat terdapat lebih dari sekitar 30% dewasa muda dilaporkan mengalami kesulitan untuk bangun pagi dibandingkan dengan 20% pada usia 30-64 tahun dan 9% di atas usia 65 tahun. Kejadian insomnia di Indonesia diperkirakan ada 28 juta penderita pada tahun 2010. Insomnia merupakan penya¬kit yang berdampak merugikan, sebab bias memicu turunnya produktivitas, kualitas hidup maupun terjadinya kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dan perilaku merokok dengan kejadian insomnia pada mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Teknik Universitas Andalas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel 203 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale, Kuesioner Skala Perilaku Merokok dan KSPBJ-IRS (Kelompok Studi Psikiatri Biologik Jakarta Insomnia Rating Scale). Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden (84.7%) mengalami insomnia, lebih separuh responden (50.2%) mengalami tingkat kecemasan ringan, dan sebagian besar responden (86.2%) dengan perilaku merokok tinggi. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara tingkat kecemasan dengan kejadian insomnia dengan nilai p=0,028 dan terdapat hubungan bermakna antara perilaku merokok dengan kejadian insomnia dengan nilai p=0,000. Responden diharapkan menemukan metode-metode untuk mengurangi atau menghilangkan kejadian insomnia dengan meminimalkan faktor pemicu yang bias menyebabkan insomnia seperti kecemasan dan perilaku merokok. Kata kunci : Tingkat Kecemasan, Perilaku Merokok, Kejadian Insomnia Daftar Pustaka: 79 (1980-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:43
Last Modified: 30 Jan 2017 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21874

Actions (login required)

View Item View Item