DAMPAK PEMAKAIAN SERTA WAKTU PENGGUNAAN SERAGAM DINAS PERAWAT TERHADAP JUMLAH DAN JENIS MIKROORGANISME DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PADANG TAHUN 2016

Elsa, Fitra (2017) DAMPAK PEMAKAIAN SERTA WAKTU PENGGUNAAN SERAGAM DINAS PERAWAT TERHADAP JUMLAH DAN JENIS MIKROORGANISME DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (skripsi fuul text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Infeksi nosokomial dapat menyebabkan meningkatnya angka kesakitan dan angka kematian. Salah satu penyebab infeksi nosokomial ini yaitu pakaian seragam yang di gunakan oleh setiap tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemakaian serta penggunaan seragam dinas terhadap jumlah dan jenis mikroorganisme di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang. Jenis penelitian adalah quasi experimen dengan rancangan pretest dan posttest dengan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat yang dinas dirawat inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi peneliti. Instrumen penelitian menggunakan observasi. Analisis data menggunakan uji paired sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak pemakaian serta penggunaan seragam dinas terhadap jumlah dan jenis mikroorganisme di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang dengan p-value <0,034 kelompok intervensi dan p-value<0,047 kelompok kontrol. Terdapat perbedaan jumlah mikroorganisme sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pada kedua kelompok. Saran sebaiknya perawat menggunakan baju biasa dari rumah kemudian memakai baju dinasnya di rumah sakit supaya tidak terjadi kontaminasi kuman pada seragam dinas perawat. Kata Kunci : Mikroorganisme, seragam dinas perawat Daftar Pustaka : 23 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:14
Last Modified: 30 Jan 2017 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21872

Actions (login required)

View Item View Item