Studi Numerik Pengaruh Variasi Tebal Pelat dan Persentase Perforasi Terhadap Kinerja Struktur Dinding Geser Pelat Baja Akibat Pembebanan Statik Monotonik

Hesti, Anelia Putri (2023) Studi Numerik Pengaruh Variasi Tebal Pelat dan Persentase Perforasi Terhadap Kinerja Struktur Dinding Geser Pelat Baja Akibat Pembebanan Statik Monotonik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Gempa bumi menyebabkan kerusakan pada infrastruktur seperti bangunan gedung. Untuk mengurangi kerusakan tersebut, dibutuhkan suatu desain struktur yang baik yang dapat menahan beban gempa. Dari penelitian ini, kita dapat mengetahui pengaruh variasi tebal pelat dan persentase perforasi terhadap kinerja struktur dinding geser pelat baja akibat pembebanan statik monotonik. Ini juga menjadi acuan dalam perencanaan struktur konstruksi baja yang memakai Shear Wall berperforasi dan bisa ikut berkontribusi dalam penelitian di dunia konstuksi. Pada penelitan kali ini, dilakukan prosedur metode numerik menggunakan aplikasi MSC. Nastran dan Patran. Penelitian ini, menganalisis kinerja struktur berupa beban pada drift ratio 4% dan kekakuan pada garis linear. Model yang digunakan Steel Plate Shear Wall yang diberikan perforasi yaitu berdiameter 60 mm, 80 mm, 100 mm, 120 mm, 140 mm, 160 mm, dan tanpa lubang. Dengan variasi tebal pelat yaitu 1 mm, dan 2 mm. Untuk mutu baja nya sendiri, digunakan fy = 250 Mpa. Dari hasil analisis, diperoleh setiap penambahan jumlah perforasi, mulai beban akan mengalami penurunan. Lalu untuk pelat dengan variasi tebal 1 mm dan 2 mm mengalami kenaikan pada drift ratio 4%. Untuk kekakuan struktur nya sendiri, mengalami penurunan seiring dengan besarnya perforasi yang diberikan. Pada tegangan awal, terjadi disisi diagonal pelat Shear Wall kemudian menyebar keseluruh bagian pelat Shear Wall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sabril Haris HG, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Steel Plate Shear Wall, Statik Monotonik, Perforasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:28
Last Modified: 20 Sep 2023 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216703

Actions (login required)

View Item View Item