FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SELF CARE PASIEN HIPERTENSI DALAM MENGONTROL HIPERTENSINYA DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2016

YULVA, DEWI (2017) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SELF CARE PASIEN HIPERTENSI DALAM MENGONTROL HIPERTENSINYA DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
A. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
B. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
C. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
D. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
E.SKRIPSI YULVA DEWI BP1511316010 SI KEPERAWATAN UNAND PROGRAM B 15.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hipertensi merupakan suatu penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan, tapi dapat dikontrol dengan Self Care yang baik. Kurangnya pengetahuan, keyakian dan dukungan keluarga dapat membuat pasien hipertensi tidak patuh dalam melakukan Self Care. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan faktor pengetahuan, keyakinan dan dukungan keluarga dengan Self Care pasien hipertensi dalam mengontrol hipertensinya dan faktor yang paling dominan. Jenis penelitian survey analitik, desain cross sectional study, dari bulan Juli sampai Desember 2016 dengan 132 sampel. Pengambilan sampel dengan Purposive Sampling, menggunakan kuesioner. Analisa data univariat dengan statistic deskriptif, bivariat mengunakan uji chi-square, analisa multivariate mengunakan regresi logistic. Hasil sebagian besar Self Care responden baik, sebagian besar berpengetahuan tinggi, sebagian kecil keyakinan yang baik, lebih dari separuh memiliki dukungan keluarga yang baik, ada hubungan pengetahuan (0,002), keyakinan (0,001), dukungan keluarga (0,002), dengan Self Care pasien hipertensi, dukungan keluarga menjadi faktor yang paling dominan. Disarankan Puskesmas mempertahankan program yang telah dilaksanakan selama ini dengan metode penyuluhan tentang Self Care yang lebih bervariasi, melibatkan keluarga dalam kegiatan penyuluhan agar keluarga lebih paham tentang Self Care hipertensi sehingga bisa memberikan dukungan yang lebih optimal. . Kata kunci : Self Care, pengetahuan, keyakinan dan dukungan keluarga. Daftar Pustaka : 58 (2007-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:20
Last Modified: 27 Jan 2017 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item View Item