FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MEMANFAATKAN PROGRAM RENCANA PEMBAYARAN BERTAHAP (REHAB) PADA PESERTA JKN YANG MENUNGGAK DI KOTA PADANG TAHUN 2022

BAYU, ANANDA NASUTION (2023) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MEMANFAATKAN PROGRAM RENCANA PEMBAYARAN BERTAHAP (REHAB) PADA PESERTA JKN YANG MENUNGGAK DI KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak_Bayu Ananda Nasution.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1_Bayu Ananda Nasution.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Bab 6)
Bab 6_Bayu Ananda Nasution.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Bayu Ananda Nasution.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi FULL_Bayu Ananda Nasution.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian : Kota Padang merupakan wilayah dengan angka peserta menunggak iuran JKN terbanyak di provinsi sumatera barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan minat memanfaatkan program REHAB pada peserta JKN yang menunggak iuran di Kota Padang Tahun 2022. Metode :Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 110 responden di 11 kecamatan Kota Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportioal random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis bivariat dengan uji statistik chi square dan analisis multivariat dengan regresi logistik. Hasil : Hasil analisis menunjukkan 52,6% peserta menunggak berminat memanfaatkan program REHAB. Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap (p-value=0,001), norma subjektif (p-value=0,001), kontrol perilaku (p-value=0,001), keuntungan relatif (p-value=0,001), kesesuaian (p-value= 0,002), kerumitan (p-value=0,001), uji coba (p-value=0,002), dengan minat memanfaatkan program REHAB. Variabel norma subjektif merupakan variabel paling dominan yang berhubungan dengan minat memanfaatkan program REHAB (p-value=0,002, POR=6,339, CI-1,948-15,224). Kesimpulan :Sikap, norma subjektif ,kontrol perilaku, keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, uji coba, dengan minat memanfaatkan program REHAB. Variabel yang dominan berhubungan adalah norma subjektif. Diharapkan kepada BPJS Kesehatan untuk bekerja sama dengan litas sektor, menyederhanakan prosedur program dan meningkatkan partisipasi kader JKN dan staff telekolekting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kamal Kasra SKM,MQIH,PhD
Uncontrolled Keywords: Peserta JKN, REHAB, Tunggakan Iuran, BPJS Kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:54
Last Modified: 20 Sep 2023 06:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216417

Actions (login required)

View Item View Item