Hubungan Asupan Makan, Kebiasaan Berolahraga, dan Uang Saku Terhadap Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas

Syafira, Annisa (2023) Hubungan Asupan Makan, Kebiasaan Berolahraga, dan Uang Saku Terhadap Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (879kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (836kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (812kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Status gizi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti asupan makan, kebiasaan berolahraga, uang saku, dan sebagainya. Mahasiswa yang termasuk dalam usia dewasa awal akan mengalami banyak perubahan dan membutuhkan zat gizi yang optimal untuk kehidupan dan aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan makan, kebiasaan berolahraga, dan uang saku terhadap status gizi pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2023 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Data yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner dan Semi Quantitative-Food Frequency Questionare (SQ-FFQ). Analisis data dengan menggunakan uji statistik Chi Square dan uji Fisher Exact. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% mahasiswa memiliki status gizi normal, 66,2% mahasiswa memiliki asupan makan yang cukup, 84,6% mahasiswa memiliki kebiasaan berolahraga yang tidak rutin, dan 69,2% mahasiswa mendapatkan uang saku per bulan pada rentang 500.000-1.000.000. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara asupan makan terhadap status gizi (p- value 0,239), tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan berolahraga terhadap status gizi (p-value 1,000), dan tidak terdapat hubungan antara uang saku terhadap status gizi (p-value 0,583). Kesimpulan Asupan makan, kebiasaan berolahraga, dan uang saku tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap status gizi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. Walaupun demikian, diharapkan pada mahasiswa memperbaiki dan mempertahankan status gizi, memperhatikan pemilihan asupan makan dengan uang saku yang didapatkan, serta kebiasaan berolahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ice Yolanda Puri, S.SiT., M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Asupan makan, kebiasaan berolahraga, uang saku, status gizi.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:19
Last Modified: 20 Sep 2023 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216385

Actions (login required)

View Item View Item