Hubungan Pemberian ASI Eksklusif, Imunisasi Dasar Lengkap dan Riwayat Penyakit Infeksi Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita Usia 12-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Tahun 2023

Dhea, Nurul Putri (2023) Hubungan Pemberian ASI Eksklusif, Imunisasi Dasar Lengkap dan Riwayat Penyakit Infeksi Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita Usia 12-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text (Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (808kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Stunting merupakan salah satu masalah gizi yang dapat terjadi pada anak akibat kekurangan gizi kronis yang menyebabkan anak terlalu pendek untuk usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian ASI eksklusif, imunisasi dasar lengkap dan riwayat penyakit infeksi terhadap kejadian stunting pada balita usai 12-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang Tahun 2023. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai Juli 2023. Sampel berjumlah 106 orang yang diambil dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan dengan melalui pengukuran tinggi badan/panjang badan, wawancara dan pengisian kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square.Hasil penelitian menunjukkan prevalensi stunting sebesar 32,1%. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pemberian ASI eksklusif (p-value=0,893), imunisasi dasar lengkap (p-value=0,127) dan riwayat penyakit infeksi (p-value=0,416) dengan kejadian stunting pada balita usia 12-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Tahun 2023. Pemberian ASI eksklusif, imunisasi dasar lengkap dan riwayat penyakit infeksi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ice Yolanda Putri, SSIT, M.Kes
Uncontrolled Keywords: ASI eksklusif, imunisasi dasar lengkap, riwayat penyakit dan stunting
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:34
Last Modified: 20 Sep 2023 06:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216138

Actions (login required)

View Item View Item