Gula Tebu Saka : Produksi Industri Tebu Rakyat Di Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduan Kabupaten Agam Tahun 1975-2021

Novitri, Sherly (2023) Gula Tebu Saka : Produksi Industri Tebu Rakyat Di Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduan Kabupaten Agam Tahun 1975-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (722kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (Full text)
full text.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Cover Dan Abstrak)
Cover & Abstrak 1.pdf - Published Version

Download (486kB)

Abstract

Skripsi ini diberi judul yaitu “GULA TEBU SAKA : Produksi Industri Tebu Rakyat Di Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam Tahun 1975-2021”. Skripsi ini ditulis bertujuan untuk mengulas perkembangan industri gula tebu saka pada tahun 1975-2021 dan pengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah. Metode penelitian Sejarah terdiri dari tahapan Heuristik (pengumpulan data), Kritik sumber, Interprestasi, dan Historiografi. Pada tahap Heuristik, pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari sumber primer seperti buku, artikel ilmiah yang relevan, data dari dinas pemerintahan terkait serta melakukan wawancara ke beberapa informan. Perkebunan tebu di Nagari Bukik Batabuah sudah ada pada kondisi yang diwariskan secara turun temurun. Pengolahan gula tebu saka sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi masyarakat Nagari Bukik Batabuah. Sejak tahun 1975, masyarakat Nagari Bukik Batabuah masih menggunakan cara tradisional dalam pengolahan gula tebu saka. Pada saat itu, petani menggunakan tenaga kerbau untuk menggiling tebu. Sejak tahun 2010 terjadi perubahan pada teknologi yang mengakibatkan produksi meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modernisasi penggunaan teknologi modern berpengaruh terhadap produksi dan peningkatan pendapatan petani. Hal inilah yang kemudian membawa perubahan pada kehidupan sosial-ekonomi Masyarakat Nagari Bukik Batabuah. Kata Kunci : Petani, perkebunan tebu, kilang tebu, pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Midawati, M. Hum.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:14
Last Modified: 19 Sep 2023 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216130

Actions (login required)

View Item View Item