Nisrina, Khalidah (2022) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERIPIK SINGKONG PADA USAHA KERIPIK BALADO SALSABILA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (BAB PENUTUP)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (217kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Nisrina Khalidah (1910221023).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kota Padang dikenal dengan berbagai aneka olahan keripik, termasuk keripik singkong. Salah satu usaha keripik singkong yang ada di Kota Padang adalah Usaha Keripik Balado Salsabila yang didirikan oleh Ibu Dewi Mariyanti pada tahun 2015. Usaha ini merupakan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi berbagai pilihan keripik yaitu keripik singkong dan keripik pisang untuk dijadikan oleh-oleh khas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi dan menganalisis atribut-atribut keripik singkong pada Usaha Keripik Balado Salsabila yang harus diprioritaskan untuk dipertahankan atau diperbaiki. Metode data penelitian ini dianalisis secara kualitatitf dan kuantitatif dengan menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tiga atribut utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk keripik singkong yaitu keadaan produk, ciri fisik, dan rancangan kemasan. Adapun atribut keadaan produk dilihat dari rasa dan tekstur keripik. Pada atribut ciri fisik dilihat dari warna keripik dan bentuk keripik, serta pada atribut rancangan kemasan dilihat dari ukuran kemasan. Urutan atribut-atribut keripik singkong yang harus diprioritaskan untuk dipertahankan oleh usaha Keripik Balado Salsabila yaitu rasa keripik, tekstur keripik, warna keripik, ukuran kemasan, dan bentuk keripik. Kombinasi atribut yang disukai oleh konsumen keripik singkong yaitu rasa balado, tekstur renyah, warna pekat, bentuk bulat serta ukuran kemasan besar (500g). Di samping itu, disarankan pemilik usaha Keripik Balado Salsabila dapat mempertahankan dan memprioritaskan atribut yang telah didapatkan dalam penelitian ini agar dapat meningkatkan pangsa pasar dengan melihat produk yang dipilih oleh konsumen serta memperbaiki dan mempertimbangkan terkait atribut produk yang tidak menjadi keinginan konsumen dalam pembelian produk keripik singkong.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Rini Hakimi, SP, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Konjoin, Atribut, Keripik Singkong, Preferensi Konsumen |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 08:11 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 08:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216115 |
Actions (login required)
View Item |