Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kentang pada Konsumen Rumah Tangga di Kota Padang (Studi Kasus: Kecamatan Kuranji).

Velina, Yunika Sari (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kentang pada Konsumen Rumah Tangga di Kota Padang (Studi Kasus: Kecamatan Kuranji). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Velina Yunika Sari (1910222014).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kentang merupakan salah satu sumber makanan yang penting bagi masyakarat Indonesia, dan sebagai salah satu komoditi hortikultura yang serbaguna, memiliki nilai gizi yang tinggi serta dapat digunakan dalam berbagai macam masakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen rumah tangga kentang di Kecamatan Kuranji, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kentang, dan untuk mengetahui elastisitas permintaan kentang pada konsumen rumah tangga di Kecamatan kuranji Kota Padang. Metode Pengambilan Sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling yaitu pemilihan sampel bertingkat yang dilakukan atas tiga tahap. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan sampel sebanyak 36 konsumen rumah tangga dari empat RT di Kelurahan Kuranji dan Kelurahan Gunung sarik. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden konsumen rumah tangga kentang di Kecamatan Kuranji Kota Padang adalah berusia 46-55 tahun dan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap permintaan kentang pada tingkat kepercayaan 95 persen adalah variabel harga kentang kuning, pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, dan selera. Sedangkan harga ubi kayu tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan kentang. Elastisitas harga kentang adalah sebesar -1,461 (Ed>1), yang menunjukkan bahwa kentang di Kota Padang bersifat elastis karena besarnya jumlah barang yang diminta sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya harga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Rusda Khairati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Elastisitas, kentang, permintaan, regresi berganda
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:53
Last Modified: 20 Sep 2023 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216109

Actions (login required)

View Item View Item