PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN SASARAN REHABILITASI SOSIAL TERPADU BAGI PENYANDANG DISABILITAS

RESI LIVERA, JESICA (2023) PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN SASARAN REHABILITASI SOSIAL TERPADU BAGI PENYANDANG DISABILITAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover_Abstrak.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (FULL LAPORAN TA)
Tugas Akhir - Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang memiliki beberapa program dan layanan pemberian bantuan kepada masyarakat dimana harus diberikan kepada penerima yang layak dan pantas untuk mendapatkannya. Salah satu bentuk program dan layanan yang diberikan oleh Dinas Sosial adalah rehabilitasi sosial terpadu bagi penyandang disabilitas. Namun dalam pelaksanaannya masih belum terlaksana secara optimal sehingga timbul beberapa permasalahan dalam menentukan penerima rehabilitasi sosial seperti kerugian bagi para penyandang disabilitas yang seharusya diprioritaskan untuk menerima rehabilitasi pada periode tersebut namun tidak diprioritaskan dan harus menunggu pada periode selanjutnya sehingga menyebabkan rehabilitasi sosial tidak terdistribusi dengan baik dan tidak tepat sasaran terhadap calon penerima yang seharusnya menerima rehabilitasi sosial pada periode waktu tersebut. Selain itu, proses pengumpulan data yang masih dilakukan secara manual akan menyebabkan terjadinya kesalahan dalam memproses banyak data kriteria bagi calon penerima dalam memperoleh bantuan. Beberapa permasalahan tersebut diketahui Ketika melakukan wawancara dengan kepala bidang rehabilitasi sosial. Sehingga hal inilah yang menjadi dasar dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam menentukan sasaran penerima rehabilitasi sosial terpadu bagi Penyandang Disabilitas. Alasan dipilihnya metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dikarenakan metode ini memiliki struktur hierarki yang dapat membantu pengambil keputusan untuk mengetahui alternatif terbaik dari banyaknya elemen pilihan dengan menggunakan perbandingan berpasangan (pair wise comparison) untuk membuat suatu matriks yang menggambarkan perbandingan antara elemen yang satu dengan elemen yang lainnya. Sehingga pengambilan keputusan dapat menjadi lebih kompleks karena adanya pelibatan beberapa tujuan maupun kriteria yang selaras. Dengan adanya Sistem Penunjang Keputusan ini dapat menjadi salah satu solusi dalam menyelesaikan permasalahan mengenai penentuan sasaran rehabilitasi sosial terpadu bagi Penyandang Disabilitas agar menjadi lebih tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:29
Last Modified: 20 Sep 2023 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216004

Actions (login required)

View Item View Item