ANALISA PERILAKU LAJU SEDIMENTASI TERHADAP CHECK DAM SERIES PADA BATANG KURANJI SEGMEN TENGAH MENGGUNAKAN SOFTWARE HEC-RAS 6.0.0

Septi, Wila Zarinda (2023) ANALISA PERILAKU LAJU SEDIMENTASI TERHADAP CHECK DAM SERIES PADA BATANG KURANJI SEGMEN TENGAH MENGGUNAKAN SOFTWARE HEC-RAS 6.0.0. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Batang Kuranji segmen tengah merupakan sungai yang berada pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Kuranji yang terletak di Kota Padang. Batang Kuranji segmen tengah memiliki kemiringan dasar sungai yang sangat tinggi sehingga menyebabkan tingginya pergerakan sedimen pada dasar sungai. Pada Batang Kuranji segmen tengah ini telah dibangun sebanyak empat buah check dam untuk mengurangi besarnya gerusan yang terjadi. Akan tetapi, penumpukan sedimen masih terlihat pada hulu dan hilir masing-masing dari ke-empat check dam tersebut berada. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang perilaku laju sedimentasi terhadap keberadaan beberapa check dam (check dam series) dengan menggunakan berbagai metode transpor sedimen yang terdapat pada software HEC-RAS 6.0.0. yang terdapat pada HEC-RAS yaitu metode Ackers-White, Engelund-Hansen, Laursen (Copeland), Meyer Peter Muller, Toffaleti, MPM-Toffaleti, Yang, dan Wilcock-Crowe. Hasil analisa terendah dengan adanya check dam dan tanpa check dam diperoleh dengan metode Meyer Peter Muller. Terdapat 3 jarak yang berbeda pada check dam series ini, yaitu J1 (jarak antara check dam 1 ke check dam 2), J2 (jarak antara check dam 2 ke check dam 3), dan J3 (jarak antara check dam 3 ke check dam 4). Berdasarkan simulasi yang dilakukan terhadap ke-empat check dam tersebut dapat disimpulkan bahwa laju sedimentasi dengan adanya check dam bernilai lebih kecil daripada laju sedimentasi tanpa adanya check dam namun, hal ini hanya berlaku pada titik dimana masing- masing check dam tersebut berada. Laju sedimentasi dengan adanya check dam di titik yang terletak pada sebelum dan sesudah check dam berada memiliki nilai yang sama bahkan lebih besar daripada nilai laju sedimentasi tanpa adanya check dam.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Darwizal Daoed, MS
Uncontrolled Keywords: Check dam series, Batang Kuranji segmen tengah, laju sedimentasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:49
Last Modified: 20 Sep 2023 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215986

Actions (login required)

View Item View Item