EFEKTIVITAS EDUKASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA TENTANG PENCEGAHAN PENYAKIT ACUTE HEPATITIS OF UNKNOWN AETIOLOGY DI KELURAHAN ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG TAHUN 2023

Aini, Usnal (2023) EFEKTIVITAS EDUKASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA TENTANG PENCEGAHAN PENYAKIT ACUTE HEPATITIS OF UNKNOWN AETIOLOGY DI KELURAHAN ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG TAHUN 2023. Masters thesis, Universitas Andalas Padang.

[img] Text (Cover & Abstrak)
cover, abstrak USNAL AINI.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I USNAL AINI.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB VII (Kesimpulan))
BAB VII USNAL AINI.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA USNAL AINI.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT USNAL AINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil pemeriksaan HbsAg ibu hamil di Kota Padang tahun 2021 menunjukkan bahwa Puskesmas Ulak Karang memiliki rate kasus reaktif tertinggi sebesar 1,85%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas edukasi dengan media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita tentang pencegahan penyakit acute hepatitis of unknown aetiology di Kelurahan Ulak Karang Selatan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan non-equivalent control group design yang dilaksanakan di Posyandu Cinta Sehat 11 dan Cinta Sehat 16 pada bulan Juni 2022-Juli 2023. Populasi penelitian adalah ibu yang memiliki balita (0-59 bulan). Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling sebanyak 70 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji t-test, Mann Whitney, dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata umur ibu balita pada kelompok intervensi (30,37 tahun) dan kelompok kontrol (30,43 tahun). Sebagian besar ibu balita berpendidikan SMA pada kelompok intervensi (60,0%) dan kelompok kontrol (48,6%). Sebagian besar ibu balita bekerja sebagai ibu rumah tangga pada kelompok intervensi (94,3%) dan kelompok kontrol (91,4%). Hasil analisis bivariat diperoleh terdapat perbedaan rerata posttest pengetahuan ibu balita antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p<0,001). Mean gain pengetahuan ibu balita pada kelompok intervensi berbeda signifikan dengan kelompok kontrol (p<0,001). Terdapat perbedaan rerata posttest sikap ibu balita antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p<0,001). Mean gain sikap ibu balita pada kelompok intervensi berbeda signifikan dengan kelompok kontrol (p<0,001). Kesimpulan, edukasi dengan media audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu balita tentang pencegahan penyakit acute hepatitis of unknown aetiology. Kata Kunci : Edukasi, Audio Visual, Pengetahuan, Sikap, Hepatitis Akut.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Dr.dr. Joserizal Serudji, Sp.OG. Subps KFM (K)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:17
Last Modified: 19 Sep 2023 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215881

Actions (login required)

View Item View Item