ANALISIS HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA DENGAN NIAT KELUAR (INTENTION TO QUIT)PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT TIPE C KOTA PADANG

Conny, Oktizulvia (2017) ANALISIS HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA DENGAN NIAT KELUAR (INTENTION TO QUIT)PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT TIPE C KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
tesis fulltext 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S2 KEPERAWATAN KEKHUSUSAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, Januari 2017 Conny Oktizulvia Analisis Hubungan Faktor-faktor Kepuasan Kerja Dengan Niat Keluar (Intention To Quit) Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Tipe C Kota Padang Xii + 207 hal + 7 tabel + 18 lampiran + 4 skema ABSTRAK Fenomena peningkatan angka turnover perawat saat ini tidak hanya terjadi di negara maju tetapi juga negara berkembang seperti Indonesia. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa perawat cendrung tidak puas dengan pekerjaan mereka, cendrung untuk keluar dan pindah bekerja ke rumah sakit lain. Studi pendahuluan di RS Tipe C kota Padang menunjukkan angka turnover perawat yang masih cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor-faktor kepuasan kerja dengan niat keluar (intention to quit) perawat di rumah sakit tipe C kota Padang. Jenis penelitian analitik korelasional dengan desain cross sectional survey. Teknik pengambilan sampel proporsional random dengan jumlah sampel 183 perawat. Pengumpulan data dengan menggunakan angket yang terdiri dari karakteristik individu, faktor-faktor kepuasan kerja, dan niat keluar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, korelasi, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 51,9% menyatakan niat kemungkinan dan sangat mungkin untuk keluar dari tempat kerja dalam satu tahun ke depan. Tingkat kepuasan kerja perawat menunjukkan 48,6% perawat puas dengan pekerjaan mereka. Faktor-faktor kepuasan kerja mempunyai hubungan yang signifikan negatif dengan niat keluar perawat (r = -0,453; p < 0,001). Faktor yang paling dominan berhubungan dengan niat keluar perawat adalah faktor komunikasi. Hasil penelitian dapat digunakan oleh pihak manajemen sebagai dasar evaluasi, prediksi awal, dan perencanaan ke depan dalam mengelola sumber daya manusia perawat. Hasil penelitian juga menyoroti perlunya untuk meningkatkan komunikasi yang efektif antara perawat dan manajemen. Disarankan kepada manajemen untuk melakukan meningkatkan komunikasi internal dengan melakukan pertemuan rutin antara atasan dan bawahan agar dapat menumbuhkan rasa saling memperhatikan, memahami, mengerti, sehingga tercipta iklim dan suasana kerja yang menyenangkan. Kata Kunci : Niat Keluar (Intention To Quit), Kepuasan Kerja, Rumah Sakit, Perawat Pelaksana Daftar Pustaka : 129 (1997-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 27 Jan 2017 03:28
Last Modified: 27 Jan 2017 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21574

Actions (login required)

View Item View Item