UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI SADAR WISATA (Studi di Nagari Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar)

AULIA, PUTRI (2023) UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MELALUI SADAR WISATA (Studi di Nagari Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK & COVER.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I .pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text (BAB IV Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (full skripsi text)
SKRIPSI FULL AULIA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Desa wisata kampung minang adalah salah satu dari dari 4 desa wisata di Sumatera Barat yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dengan tema “Indonesia bangkit”. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19. Keberadaan Desa Wisata ini berdampak positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan keluarga di Nagari Sumpu melalui tindakan sadar wisata, hal tersebut dapat dilihat dari keluarga yang awalnya berjualan karena kelebihan hasil penen dan jumlah produksi namun sekarang berjualan menjadi tujuan komersil keluarga. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keadaan ekonomi keluarga sebelum terlibat program sadar wisata, mendeskripsikan keadaan ekonomi keluarga setelah terlibat program sadar wisata dan mendeskripsikan bentuk-bentuk upaya peningkatan pendapatan keluarga melalui sadar wisata. Penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasioanl dari James S. Coleman bahwa tindakan perseorangan mengarah kepada sesuatu tujuan yang ditentukan oleh nilai atau pilihan. Peneliti dalam hal ini melihat bagaimana upaya keluarga di Nagari Sumpu meningkatkan pendapatan keluarga dalam mengambil sebuah tindakan melalui sadar wisata, tentunya tindakan aktor keluarga akan mempertimbangkan nilai dan pilihan-pilihan yang bisa aktor ambil untuk memaksimalkan kebutuhan, manfaat dan keinginan aktor. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling (disengaja), dan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menggambarkan pendapatan keluarga sebelum terlibat program sadar wisata yaitu dengan kehidupan bertani, berkebun dan menjala yang kemudian hasil dari kebun dan tangkapan dijual ke pengumpul dan pasar-pasar terdekat. Keadaan ekonomi setelah terlibat program sadar wisata dapat dilihat pada kepemilikan aset keluarga. Dalam penelitian ini juga menjelaskan bentuk-bentuk upaya peningkatan pendapatan keluarga melaui sadar wisata yaitu diversifikasi usaha dengan menjadi talent dalam paket wisata menjala ikan bilih dan membuka warung di dekat desa wisata, optimalisasi sumber daya alam yaitu dengan memanfaatkan kebun sawo sebagai paket wisata agrowisata dan usaha keluarga menjalin kerjasama dengan pihak wisata dimana pekerjaan tersebut meterlibatan seluruh anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Mira Elfina, M.Si
Uncontrolled Keywords: Upaya, Pendapatan, Keluarga, Sadar Wisata
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:43
Last Modified: 20 Sep 2023 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215680

Actions (login required)

View Item View Item