Pengaruh Suhu Pengeringan Terhadap Karakteristik Buah Kering Nanas (Ananas Comosus) Menggunakan Metode Tray Drying Dengan Alat Food Dehydrator

Hadisti, Putri Risfa (2023) Pengaruh Suhu Pengeringan Terhadap Karakteristik Buah Kering Nanas (Ananas Comosus) Menggunakan Metode Tray Drying Dengan Alat Food Dehydrator. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (BAB 5 Penutupan)
BAB 5 Penutupan .pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu pengeringan terhadap karakteristik buah kering nanas menggunakan metode tray drying dengan alat food dehydrator serta memperoleh suhu pengeringan yang optimum. Rancangan percobaan yang digunakan pada penlitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah buah kering dengan perlakuan A (suhu pengeringan 40ºC), B (suhu pengeringan 50ºC), C (suhu pengeringan 60ºC), D (suhu pengeringan 70ºC), E (suhu pengeringan 80ºC). data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan ANOVA dan jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dengan perlakuan terbaik berdasarkan pengamatan fisik, kimia, dan organoleptik adalah buah kering nanas pada perlakuan C (suhu pengeringan 60ºC) dengan kriteria mutu nilai rata-rata kesukaan terhadap warna 4,1 (suka), rasa 3,9 (suka), aroma 3,97 (suka), tekstur 3,67 (suka), rendemen 5,84%, nilai ºHue 81,73 dengan warna yellow red, kekerasan 73,84 N/cm2, kadar air 6,88%, kadar abu 2,55%, nilai pH 4,1 , dan aktivitas antioksidan 37,61%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ismed, S.Pt., M.Sc
Uncontrolled Keywords: nanas, suhu pengeringan, buah kering
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:41
Last Modified: 19 Sep 2023 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215666

Actions (login required)

View Item View Item