PELAKSANAAN ASURANSI PENGANGKUTAN BARANG DAN PENUMPANG KAPAL PADANG-MENTAWAI (Studi Kasus PT. ASDP Indonesia F'erry Cabang Padang)

Imran, Hamdani (2020) PELAKSANAAN ASURANSI PENGANGKUTAN BARANG DAN PENUMPANG KAPAL PADANG-MENTAWAI (Studi Kasus PT. ASDP Indonesia F'erry Cabang Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I pendahuluan .pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Bab akhir (kesimpulan) (1).pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Skripsi Full)
full skripsi imran_cd.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

Kapal sebagai alat pengangkutan laut merupakan salah satu media fransportasi yang penting di Indonesia dikarenakan memiliki ribuan pulau. Salah satu penyedia jasa pengangkutan antar pulau adalah Kapal ASDP Indonesia Ferry cabang Padang yang melayani rute pelabuhan Bungus menuju Kepulauan Mentawai. Demi menjamin adanya suatu perlindungan diri dan barang angftutan konsumer4 maka asuransi pengangkutan merupakan hal yang harus ada didalamnya. Hal ini menimbulkan hak dan kewajiban antara pengguna dan penyedia jasa angkutan. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah : 1. Bagaimana proses pelaksanaan asuransi pengangkutan barang dan penumpang kapal ASDP Ferry Indonesia cabang Padang. 2. Apa kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan asuransi pengangkutan barang dan penumFang kapal ASDP tersebut. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode penelitian yuridis empiris, dimana data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Untuk pengumpulan data metode yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang didapa! maka bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut : l. Pelaksanaan asuransi pengangkutan barang dan penumpang dibayarkan oleh pihak kapal ASDP dari hasil peqjualan tiket pengangkutan, dimana tiket ini juga akan dijadikan sebagai bukti klaim asuransi. 2. Kendala dalam pelaksanaan asuransi ini berada dalam tahap mencari kesepakatan dalam pemberian biaya ganti kerugian antara pihak asuransi dan konsumen yang melalnrkan klaim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dahlil Marjon, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: kapal, alat pengangkutan, asuransi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:27
Last Modified: 19 Sep 2023 03:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215509

Actions (login required)

View Item View Item