Analisis Determinan Perilaku Pencegahan HIV/AIDS pada Anak Buah Kapal di Kawasan Pelabuhan Teluk Bayur Padang Tahun 2023

Sharfina, Sharfina (2023) Analisis Determinan Perilaku Pencegahan HIV/AIDS pada Anak Buah Kapal di Kawasan Pelabuhan Teluk Bayur Padang Tahun 2023. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan termasuk sebagai kriteria tempat terbesar terkonsentrasi Laki-laki Berisiko Tinggi (LBT) dengan karakter Man, Mobile, Money and Macho (4M) yang merupakan jembatan penularan antara populasi kunci dengan populasi masyarakat umum. Hasil Survei Terpadu Biologis dan Perilaku (STBP) 2015 menunjukkan prevalensi HIV pada kelompok Anak Buah Kapal (ABK) sebesar 0,33%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku upaya pencegahan HIV/AIDS pada Anak Buah Kapal di Kawasan Pelabuhan Teluk Bayur Padang Tahun 2023. Jenis penelitian adalah cross sectional dengan sampel 120 ABK dalam negeri dan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diambil dengan teknik consecutive sampling, kemudian dilakukan analisa univariat, bivariat dan multivariat. Penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan pada ABK rendah (58,3%) dan peran rekan kerja yang tidak berperan (66,7%), kedua variabel ini berhubungan dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada ABK dengan p-value 0,008 dan 0,001. Pada penelitian ini variabel yang paling berhubungan adalah peran rekan kerja. Diharapkan KKP dan ABK dapat saling bekerjasama dalam membentuk ’konselor sebaya’ sebagai media pendekatan dan promosi kesehatan karena peran rekan kerja termasuk kepada faktor yang berpengaruh kepada perilaku pencegahan HIV/AIDS pada ABK.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Husna Yetti, Phd
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS; perilaku; anak buah kapal; pelabuhan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Sep 2023 10:19
Last Modified: 18 Sep 2023 10:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215402

Actions (login required)

View Item View Item