“Evaluasi Penerapan Sistem Jaminan Halal dan Identifikasi Titik Kritis Kehalalan pada Industri Kerupuk Skala Kecil di Kampung Seribu Kerupuk Kelurahan Batu Gadang Kota Padang”

Nadiva, Hidayah (2023) “Evaluasi Penerapan Sistem Jaminan Halal dan Identifikasi Titik Kritis Kehalalan pada Industri Kerupuk Skala Kecil di Kampung Seribu Kerupuk Kelurahan Batu Gadang Kota Padang”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Halal dan thayyib menjadi kebutuhan mutlak bagi masyarakat Islam, oleh karena itu setiap makanan yang dikonsumsi kehalalan dan keamanannya harus terjamin. Demikian juga pada produk kerupuk yang saat ini banyak digemari, sehingga status kehalalannya harus dipastikan. Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengevaluasi penerapan sistem jaminan halal produk rempeyek (rakik) Istiqamah, kerupuk bawang Usaha Ibu dan kerupuk ubi ungu 3 Juanda industri skala kecil di Kota Padang, (ii) mengidentifikasi titik kritis kehalalan pada kegiatan produksi rempeyek (rakik) Istiqamah, kerupuk bawang Usaha Ibu dan kerupuk ubi ungu 3 Juanda indsutri skala kecil di Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode analisis deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan tidak terlaksananya penerapan sistem jaminan halal sesuai kriteria yang berlaku dalam menghasilkan produk halal yang terjamin. Titik kritis kehalalan pada ketiga industri tersebut, ditemukan pada bahan yang digunakan serta fasilitas lingkungan produksi yang berpotensi menjadikan produk bersifat syubhat. Dengan demikian diperlukan tindakan upaya pendampingan dalam melaksanakan Sistem Jaminan Halal atau Halal Assurance System (HAS) secara konsisten dengan pembekalan pelatihan dan edukasi pada seluruh pihak yang berkontribusi di industri pengolahan kerupuk tersebut. Kata kunci: Industri Skala Kecil, Halal, Titik Kritis, Pengolahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rina Yenrina, M.S
Uncontrolled Keywords: Industri Skala Kecil, Halal, Titik Kritis, Pengolahan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:55
Last Modified: 18 Sep 2023 02:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214914

Actions (login required)

View Item View Item