ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM DI KOTA PADANG

FITRA, HARIZKI (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM DI KOTA PADANG. Masters thesis, universitas Andalas.

[img] Text
BAB 1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN UPLOAD.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 KESIMPULAN UPLOAD.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL - FITRAHARIZKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2022 mulai menguat kembali ditengah ketidakpastian ekonomi global Pasca Pandemic Covid-19. Selama Pandemic Covid-19 sebasar 82,9 persen UMKM merasakan dampak negatif dari pandemi ini dan hanya sebagian kecil (5,9 persen) yang mengalami pertumbuhan positif. Sehingga berdampak pada peta bisnis dan karakteritik perekonomian banyak yang berubah sehingga ikut mengubah perilaku konsumen. Bentuk perubahan tersebut terlihat dari Hygiene, Low-Touch, Less-Crowd, dan Low-Mobility contohnya konsumen lebih banyak melakukan aktivitas di rumah dengan memanfaatkan teknologi digital. Adopsi E-commarce menjadi game-changer bagi pelaku usaha termasuk UMKM karena perlu berinovasi dan mengikuti tren ekonomi agar mampu mandiri menjalankan usaha bisnis mereka di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi global (https://www.djkn.kemenkeu.go.id) . Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi adopsi E-commarce pada UMKM di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan model penelitian SOM (Stage Of Model). Metode penelitian menggunakan menggunakan data survey, jenis data primer. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 216 dari pelaku UMKM di bidang kuliner, fashion, jasa dan perhotelan di Kota Padang yang sudah pernah menggunakan adopsi E-commerce. Teknik analisis data menggunakan Uji regresi logistic binomial. Berdasarkan pengolahan data menunjukan bahwa Dukungan Managemen Puncak, Ukuran Perusahaan, Pelatihan dan Training Karyawan, Kesiapan Pengguna IT, Keamanan, tekanan pelanggan, dan keuntungan relative sebagai penentu signifikan secara statistic dari adopsi E-commerce. Studi ini memberikan arahan kepada pelaku UMKM di Kota Padang agar melakukan inovasi pada keberlangsungan usaha dengan mengadopsi E-commerce agar usaha mereka tetap berjalan di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rita Rahayu, S.E,M.Si.Ak.CA
Uncontrolled Keywords: Adopsi E-commerce, Kesiapan Organisasi, Teknologi, Lingkungan, Inovasi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:59
Last Modified: 15 Sep 2023 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214694

Actions (login required)

View Item View Item