PENGARUH INTERVENSI KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISIT) TERHADAP KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN TUBERKULOSIS (TB) PARU DI PUSKESMAS SINGKARAK DAN MUARA PANAS KABUPATEN SOLOK TAHUN 2023

DESRIZA, ARTIKA SARI (2023) PENGARUH INTERVENSI KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISIT) TERHADAP KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN TUBERKULOSIS (TB) PARU DI PUSKESMAS SINGKARAK DAN MUARA PANAS KABUPATEN SOLOK TAHUN 2023. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tuberkulosis Paru memiliki dampak yang sangat banyak bagi penderita sehingga menyebabkan kegagalan pengobatan atau putus pengobatan (Drop Out) yang berujung Tuberculosis Multi Drug Resisten (TB-MDR) sehingga pasien harus menjalani pengobatan yang lama, jumlah obat yang lebih banyak, efek samping pengobatan yang jauh lebih buruk, dan akhirnya tingkat kesembuhan menjadi rendah dan berujung pada kematian. Peranan keluarga sangat mempengaruhi kesembuhan pasien, sehingga diperlukan adanya dukungan dan kerja sama semua anggota keluarga agar penderita dapat termotivasi untuk tetap menjalankan pengobatan sesuai standar. Intervensi kunjungan rumah merupakan metode pendekatan berbasis keluarga yang bertujuan menciptakan kesadaran, kemauan dan kemampuan keluarga sehingga menciptakan kemandirian keluarga. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh intervensi kunjungan rumah terhadap kemandirian keluarga dalam merawat keluarga dengan Tuberkulosis (TB) Paru. Desain Quasy Exsperimental PreTest–Posttest With Control Group Design. Sampel untuk kelompok intervensi (n=13) dan kelompok kontrol (n=12). Pengambilan sampel dilakukan secara metode convinience sampling. Intervensi kunjungan rumah dilakukan dalam 3 tahapan dengan 5 sesi pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan Instrumen level kemandirian keluarga yang sudah baku. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil uji Wilcoxon nilai p value kelompok intervensi adalah <0,001 dan kelompok kontrol p value = 0,157, uji Mann-Whitney diketahui nilai p value < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberi intervensi, dan ada pengaruh intervensi kunjungan rumah terhadap kemandirian keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan Tuberkulosis Paru. Diharapkan kepada perawat komunitas dapat memaksimalkan upaya penanggulangan TB Paru dengan peningkatan upaya pendidikan kesehatan yang berkesinambungan dengan kunjungan rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp, M.Kes, Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Kunjungan rumah, Kemandirian keluarga, Tuberkulosis Paru
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:13
Last Modified: 18 Sep 2023 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214449

Actions (login required)

View Item View Item