MARKETING POLITIK MUSTAPA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA PULAU LINTANG KECAMATAN BHATIN VIII KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2021

Zikrie, Nafsy (2023) MARKETING POLITIK MUSTAPA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA PULAU LINTANG KECAMATAN BHATIN VIII KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk memberi penjelasan tentang marketing politik Mustapa calon kepala desa Pulau Lintang pada Pemilihan Kepala Desa Pulau Lintang tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan marketing politik yang diterapkan oleh Mustapa pada Pemilihan Kepala Desa Pulau Lintang tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Andrew Lock dan Phil Harris (1996) tentang marketing politik yakni product, dimana memiliki arti kandidat atau calon memiliki konsep atau gagasan yang akan ditawarkan kepada masyarakat, promotion yaitu pemilihan metode atau cara-cara melakukan promosi kandidat kepada pemilih, price membahas beberapa hal seperti harga ekonomi hingga harga psikologis kandidat dan place merupakan fokus daerah ditribusi produk politik yang ditawarkan kandidat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa yang dilakukan Mustapa pada Pemilihan Kepala Desa Pulau Lintang tahun 2021, dalam pelaksanaannya pertama product politik yang dibawa Mustapa adalah konsep harapan baru dan latar belakang pernah menjabat sebagai anggota dewan perwakilan rakyat menjadi daya tarik produk politik yang dimiliki Mustapa kepada masyarakat. Dari sisi promotion, Mustapa juga melakukan promosi dirinya kepada masyarakat dengan mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan mengundang semua lapisan masyarakat dalam pertemuan tersebut hingga mendatangi langsung rumah-rumah masyarakat. Dari sisi price, mengenai pengeluaran biaya yang digelontorkan oleh Mustapa untuk mencukupi kebutuhan kegiatan kampanye yang dilakukannya bersama tim sukses yaitu biaya pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan menyediakan barang olahraga untuk kebutuhan pemuda dan kebutuhan kegiatan kampanye lainnya. Penempatan (place) yang dilakukan Mustapa adalah menargetkan semua kalangan masyarakat yang ada di empat dusun yang ada di desa Pulau Lintang, dengan usaha tersebut sesuai dengan indikator marketing politik hingga Mustapa dapat terpilih setelah beberapa kali pencalonan menjadi kepala desa Pulau Lintang periode 2021-2026.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indah Adi Putri, M. IP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemilihan Kepala Desa, Marketing Politik, Sarolangun, Demokrasi Lokal
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:50
Last Modified: 14 Sep 2023 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214270

Actions (login required)

View Item View Item